by

DLHP Bantu Pembersihan Puing Lapak Pedagang

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, telah mengangkut seluruh puing-puing lapak pedagang Mardika yang telah dibongkar sebelumnya untuk rencana revitalisasi pasar Mardika.

Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaack mengatakan, pihaknya telah mengangkut puing-puing lapak pedagang sejak Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kota Ambon melakukan pembongkaran.

Sebelumnya, puing-puing lapak pedagang tersebut sangat bertumpuk di Pasar Mardika pasca pembongkaran lapak pedagang di pasar Mardika dan pasar Apung. Sehingga DLHP melakukan pengangkutan puing-puing lapak itu.

“Puing-puing lapak pedagang yang umumnya kan semua sudah diangkat,” ungkap Luzia, saat dihubungi koran ini via handphone, Senin (16/11).

Meski demikian, dia mengaku, pihaknya belum dapat mengangkut puing-puing lapak pedagang yang masih mengembang di perairan laut pantai Mardika. Dan sampah-sampah tersebut dianggap sangat membuat keindahan laut pantai Mardika menjadi tidak elok.

“Memang sudah diangkut. Tapi belum maksimal. Kan ada puing-puing lapak yang menjorok ke laut waktu dibongkar. Dan alat berat tidak bisa masuk ke laut,” jelas dia.

Menurutnya, untuk pembersihan sisa puing lapak yang berada di perairan pantai Mardika itu, perlu dilakukan koordinasi dengan Disperindag Kota Ambon untuk bisa berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Itu musti kita koordinasi baik-baik dulu dengan Disperindag. Karena Disperindag yang memfasilitasi untuk alat,” sebutnya.

Luzia menambahkan, DLHP tidak termasuk dalam pembongkaran lapak pedagang. “Kita hanya memfasilitasi dengan armada untuk mengangkut puing-puing lapak dengan armada saja. Tapi untuk bongkar itu Disperindag,” pungkas dia. (BKA-1)

Comment