by

DLHP : Limbah Covid-19 Telah Dimusnahkan

Ambon, BKA- Lokasi pembuangan limbah Covid-19 untuk kota Ambon yang sempat menjadi perbincangan publik belum lama ini, ditanggapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Lucia Izaak, saat dikonfirmasi koran ini via handpone, Selasa (6/4).

Diakuinya, limbah medis yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Kota Ambon sejak tahun 2020 lalu, telah dimusnahkan di luar daerah Kota Ambon. Hal tersebut untuk menghindari kluster baru dari limbah dimaksud.
“Pemusnahan limbah medis tidak di tempat pembuangan akhir (TPA) di kawasan Passo. Tetapi itu dibawa di luar. Tempatnya itu ada di pulau Jawa. Ada vendor yang mengangkut itu,” ungkap Lucia.

Menurut dia, jumlah limbah yang telah dimusnakan itu tidak terlalu banyak dan tidak dapat dirincikan. “Perasaan tidak terlalu banyak lah. Setau saya itu, kalau di puskesmas-puskesmas sendiri itu sekitar dua-dua kilo limbah medis. Jadi tidak banyak,” ujarnya.

Dikatakan, limbah medis untuk tahun kemarin telah dimusnahkan. Termasuk limbah medis di tahun ini. Sebab, limbah tersebut tidak dapat ditumpuk dalam waktu lama. “Jelas itu sudah musnakan. Karena tidak bisa meninggalkan begitu saja. Untuk tiga bulan terkahir tahun 2021, sepertinya sudah diangkut untuk dimusnahkan,” tuturnya.

Disinggung terkait petugas kebersihan yang selama menemukan sampah medis berupa masker yang dibuang masyarakat, Lucia menilai, hal tersebut juga sulit untuk dikatakan. Sebab, tidak mungkin pihaknya mengangkut limbah medis (masker) dari tepi-tepi jalan.

“Itu susah juga yah. Itukan mustinya ngumpul, tapi siapa yang punya kekuatan buat berjalan kumpul-kumpul limbah medis dipinggir-pinggir jalan seperti itu. Biasanya petugas sapu itukan tidak melihat begitu, jadi dia menyapu kumpul di TPS lalu diangkut,” ucap dia.

Ia menambahkan, selama ini petugas kebersihan tidak pernah terpapar virus mematikan yang masih mewabah di Kota Ambon ini. “Oh tidak ada. Itulah hebatnya Tuhan karena petugas menjalakan tugas melayani dengan hati. Puji Tuhan mereka sampai saat ini sehat-sehat saja,” pungkasnya. (IAN)

Comment