by

DLHP Siap Bersihkan Pasar Apung

Ambon, BKA- Ratusan lapak pedagang di pasar Apung yang terkena penggusuran hingga Selasa besok, nantinya akan dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

Pasca penggusuran di hari pertama, Sabtu (24/10), tim DLHP telah mengarahkan 10 truck untuk mengangkut puing-puing dari sisa lapak yang dibongkar. Seluruhnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Toisapu, Kecamatan Baguala.

Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaak mengatakan, selama belum berkahir pembongkaran terhadap lapak pedagang, pihaknya akan terus mengangkut puing-puing yang bertumpuk di lokasi penggusuran.

“Hari ini (Minggu) saja masih diangkut. Hari ini tim masih melanjutkan angkut puing-puing dari lapak pedagang yang dibongkar,” ujar dia, ketika dikonfirmasi koran ini, via handphone, Minggu (25/10).

Terkait kebersihan, Luzia berharap, bukan hanya tim DLHP saja, tetapi bisa juga dari masyarakat, terkhususnya pedagang. Karena jika lingkungan bersih, maka kesehatan juga bisa terjaga.

“Sekarang Pemkot sudah mulai menertibkan tempat jualan di Pasar itu. Jadi saya berharap sampah-sampah itu bisa dibersihkan. Hingga kita punya laut maupun darat jadi bersih,” tandasnya.

Menurut dia, sejumlah masyarakat belum menyadari tentang kebersihan. Untuk itu, dia berharap baik Pemerintah maupun masyarakat bisa menjaga kebersihan di area pasar yang telah dibongkar.

“Misalnya, kalau sampah dari lapak yang telah dibongkar itu, hanyut sampai perairan laut di Air Salobar. Nah kawasan itukan dimanfaatkan untuk diving. Jadi tentunya sampah itu akan merusak ekosistem laut,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment