by

DP3AMD Tunggu Juknis Dinkes Ambon

AMBON-BKA, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) sementara menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, terkait vaksinasi Covid-19 yang akan diperuntukkan bagi remaja.

Kepala DP3AMD Kota Ambon, Meggy Lekatompessy menyebutkan, Pemerintah Pusat telah berikan ruang untuk vaksinasi remaja di Ibukota Provinsi Maluku ini. Tetapi pihaknya masih menunggu Juknis tersebut dari Dinkes.

“Teknisnya kita menunggu dari Dinkes. Kita juga belum dapat informasi terakhir. Pemberitahuan dalam hal ini dari Dinkes soal rencana itu kan belum ada,” terangnya, kepada wartawan, Jumat (23/7).

Menurut dia, pihaknya akan turut membantu Dinkes dalam melaksanakan vaksinasi kepada seluruh remaja yang bisa menerima. “Sebagai bagian dari Pemerintah Kota (Pemkot) atau istilah ada dalam satu rumah, kita akan saling berkoordinasi,” ujarnya.
Sampai dengan saat ini, sambung Meggy, pihaknya belum mengatahui kapan pelaksanaan vaksinasi tersebut. “Tentang waktunya kapan, sampai sekarang juga belum tahu. Meski sudah ada statemen dari walikota dan kadinkes di media soal rencana vaksin anak,” terangnya.

Dia juga mengaku, apabila sudah petunjuk dari Dinkes, pihaknya lebih awal akan berkoordinasi dengan desa/kelurahan. Karena harus dilakukan pendataan terlebih dahulu, dan tidak bisa langsung ke anak dan remaja yang bersangkutan.
“Di lingkungan anak itu kan ada orang tua dan berarti ada keluarga, naik ke atas itu ada desa/kelurahan. Prosesnya seperti apa, tentu akan ada koordinasi lanjut. Kita masih tunggu teknis pelaksanaannya,” demikian kata Meggy. (IAN)

Comment