by

DP3MD SBT Minta Pengelolaan Keuangan Desa Transparan

Ambon, BKA- Kepala Dinas Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jafar Kwairumaratu, meminta semua Penjabat negeri dan negeri administratif untuk transparan dalam pengelolaan keuangan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Yakni sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“Dengan berlakunya Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, dan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif, maka mutlak diperlukan kebijakan penguatan kapasitas aparatur desa,” ucap Jafar, saat memberikan arahan pada puluhan kepala desa di aula Pandopo Bupati, Rabu (24/2).

Dia juga meminta, agar kaur keuangan desa bisa mengikuti semua petunjuk dan aturan yang ada. Agar dalam pengelolaan keuangan dana desa tidak mengalami permasalahan. ”Khususnya kaur keuangan desa agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,”tuturnya.

Menurut dia, pentingnya ada pemahaman tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0.3. “Meski dalam pertemuan yang berlangsung singkat, namun diharap materi pengetahuan dan keterampilan yang didapat bisa dikembangkan sebagai salah sau tugas pokok dalam pengelolaan keuangan desa,” harapnya.

Ia juga memaparkan, pengelolaan dana desa yang sukses, kepala desa harus mampu menjaga sinergitas dan memahami semua regulasi, serta mampu menerbitkan regulasi. “Seperti peraturan tentang pedoman pengelolaan keuangan desa, tata cara pembagian, penetapan rincian Dana Desa, pengalokasian ADD. Sebab itu penting,”tuturnya. (SOF)

Comment