by

DPD-DPR RI Tangani Pakta Dukungan Percepat Proses Pembahasan dan Pengesahan RUU

beritakotaambon.com – Sejumlah pimpinan DPR RI dan DPD RI bersama sejumlah gubernur dan pimpinan DPRD provinsi kepulauan, menandatangani Penandatanganan Pakta Dukungan untuk Mempercepat Proses Pembahasan dan Pengesahan RUU Tentang Daerah Kepulauan.

Penandatanganan Pakta Dukungan itu dilakukan pada kegiatan High Level Meeting dengan tema ““Membangun Solidaritas untuk Percepatan Pembahasan dan Pengesahan RUU Tentang Daerah Kepulauan”, yang digelar Badan Kerjasama (BKS) Provinsi Kepulauan dengan DPD RI, di Gedung Nusantara IV DPR RI, Kamis (7/10).

Sebelum penandatanganan Pakta Dukungan itu, dilakukan diskusi yang menghadirkan sejumlah nara sumber. Diantaranya, LetJend. TNI Mar. Dr. Nono Sampono, S.Pi, M.Si (Wakil Ketua I DPD RI), H. Ali Mazi, SH (Kepala BKS Provinsi Kepulauan) dan Basilio Diaz Araujo,SS, MA (Pakar Maritim).

Baca juga: Pengusaha Ikan Ditangkap Konsumsi Narkoba

Kegiatan yang dihadiri pimpnan DPR RI, Dr. Rachmad Gobel, tesebut dibuka oleh Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, secara Virtual.

Anggota DPR RI Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends, yang turut hadir pada kegiatan itu, mengapresiasi pertemuan tersebut dan mendukung pertemuan yang bertujuan untuk mempercepat proses pembahasan RUU Tentang Daerah Kepulauan.

“Semua ini butuh proses yang panjang dan melelahkan. Namun sebagai perwakilan legislatif di Dapil yang berasal dari provinsi kepulauan, maka kita sangat berkomitmen dan terus berjuang keras agar RUU ini bisa segera dibahas dan disahkan,” katanya.

Menurut Barends, RUU Daerah Kepulauan merupakan urusan bernegara, yang memiliki semangat untuk memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah.

Sehingga untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, dibutuhkan political will, koordinasi dan kerja keras semua pihak yang terkait dalam provinsi kepulauan, agar RUU ini bisa segera menjadi UU yang definitif.

Baca juga: Walikota Ambon “Bakar Semangat” Para Atlet Maluku di PON Papua

Untuk itu, Barends mendukung langkah yang akan ditempuh Badan Kerja Sama Provinsi Kepulauan yang akan melakukan pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo.

“Semoga proses RUU ini bisa segera terealisasi di tahun ini,” pungkasnya.(BTA)

Comment