by

DPRD Akan Percepat Penetapan Ranperda

DPRD Provinsi Maluku telah sampai pada masa persidangan III tahun 2021, setelah menutup masa persidangan II, 20 Mei 2021.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdullah Asis Sangkala, mengungkapkan, DPRD akan lebih mengoptimalkan fungsi legislasi, yakni, fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Perda) pada masa persidangan III.

“Jadi dewan sudah menutup persidangan II dan kita mendapat satu catatan kritis secara internal, tentang bagaimana kita perlu mengoptimalkan fungsi pemebentukan peraturan daerah. Fungsi legislasi kita ini yang dirasa masih kurang, sehingga dipenghujung masa persidangan II, kami sudah rapat dengan Bapemperda dan Pansus-pansus yang ditugaskan menyelesaikan pembahasan Perda,” kata Sangkala.

Untuk itu, setelah masa persidangan III dibuka, terangnya, DPRD akan mempercepat proses penyelesaian penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), yang terhambat selama ini.

Bahwa Ranperda usul inisiatif dewan yang dari tahun 2015 belum diselesaikan sampai sekarang, katanya, akan segera diselesaikan sebelum diparipurnakan.

”Untuk Perda hak inisiatif dengan dimasa sidang II, juga akan segera dari alat-alat kelengkapan kita paripurna menjadi usul inisiatif DPRD, untuk siap disampaikan kepada gubernur. Kurang lebih ada 8 Ranperda, dan masing-masing komisi yang mengusulkan hak inisiatif dewan,” pungkasnya.(RHM)

Comment