by

DPRD Akan Tetapkan Tujuh Perda

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Maluku, dalam waktu dekat akan melakukan penetapan tujuh Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Tujuh ranperda yang siap untuk ditetapkan menjadi Perda, yaitu, empat ranperda inisiatif DPRD dan tiga Ranperda usulan Pemerintah Provinsi Maluku.

Empat ranperda inisiatif, yakni, ranperda tentang bangunan gedung (tahun 2014), ranperda tentang jalan (tahun 2014), ranperda tentang penguatan lembaga adat dan pelestarian nilai budaya Maluku (tahun 2017), ranperda tentang ketahanan dan keamanan pangan daerah Provinsi Maluki (tahun 2017).


Sementara tiga ranperda usulan Pemerintah Provinsi Maluku, yaitu, ranperda tentang perubahan atas Perda Provinsi Maluku Nomor 8 Tahun 2016 tentang pembentukan produk hukum daerah, ranperda tentang rencana pembangunan industri Provinsi Maluku Tahun 2019-2039, dan ranperda tentang rencana induk pembangunan kepariwisata Provinsi Maluku Tahun 2021-2025.

Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Maluku, Edison Sarimanela, ketujuh ranperda tersebut sementara dibahas.

“Kami saat sementara membahas tujuh ranperda yang terdiri dari, empat Ranperda usulan inisiatif dan tiga Ranperda usulan dari pemerintah daerah Provinsi Maluku, yang dibahas panitia hhusus (Pansus) I dan II,” ungkap Sarimanela, di Kantor DPRD Maluku, Kamis (20/5).

Menurutnya, pembahasa ketujuh ranperda tersebut sudah harus berjalan sesuai mekanisme, hingga tahapan terakhir pendapat fraksi-fraksi terhadap Ranperda itu.

“Itu artinya mekanisme harus jalan, karena hari Senin tunda untuk pendapat fraksi-fraksi menyangkut ranperda ini. Mengingat salah satu fungsi DPRD harus ada ranperda yang ditetapkan, saya kira wajah DPRD harus ada di ranperda,” pungkas Sarimanela.(RHM)

Comment