by

DPRD Ambon Raih Penghargaan Green Leadership

Ambon, BKA- Untuk pertama kali sejak digagas pada 2016 lalu, akhirnya DPRD Kota Ambon meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penghargaan itu diberikan kepada DPRD Kota Ambon, karena dinilai baik dalam memberikan dukungan dari sisi anggaran maupun regulasi terhadap DLHP Kota Ambon.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, saat dikonfirmasi mengaku, penghargaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI itu dilakukan bersamaan dengan penghargaan yang juga diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, 22 Deseber lalu.

Dari sekian banyak DPRD tingkat II di Indonesia, DPRD Kota Ambon keluar sebagai juara I untuk kategori Green Leadeaship 2018 Nirwasita Tantra.

“Memang penghargaan ini baru digagas 4 tahun yang lalu. Jadi bukan hanya DPRD Ambon, tapi ada beberapa. Dan DPRD Ambon juara 1. Katgegorinya itu Green Leadership Nirwasita Tantra. Jadi DPRD dalam hal kemitraan dengan DLHP, itu memberikan dukungan baik dari sisi anggaran maupun regulasi,” terang Toisuta, saat dihubungi koran ini, Minggu (27/12).

Ketua PDK Kosgoro 1957 Maluku ini mengaku, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI selaku juri, melihat dukungan yang diberikan DPRD Ambon sangat baik, shingga dianggap mampu bermitra dengan baik dalam mendukung program-program priortas DLHP Kota Ambon dari sisi lingkungan, demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Ambon.

“Itu yang dilihat untuk melengkapi syarat penjuriannya seperti itu. Dan DPRD Ambon dianggap mampu bermitra dengan dinas lingkungan hidup, dan perjuangkan hal hal terkait lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Ambon,” ujarnya.

Toisuta berharap, penghargaan yang diberikan bukan menjadi pertama dan terakhir bagi DPRD KOta Ambon dalam mendukung program-program prioritas DLHP Kota Ambon. Sehingga ada penghargaan-penghargaan lainnya yang berkelanjutan.

“Tentunya semua untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya semua ini adalah hubugan kemitraan yang terjalin baik. Dan kita tetap akan mendukung sesuai tupoksi kita di DPRD, terhadap program-program prioritas kedepan, memotivasi atau ada inovasi baru terkait pemberdayaan lingkungan lebih baik lagi kedepan,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Kota Ambon, Jhon Mainake, saat dikonfirmasi, mengaku, selama ini komisi III selaku mitra, selalu memberikan dukungan terhadap program-program DLHP kota Ambon demi kepentingan yang masyarakat.

Sehingga diharapkan, kemitraan ini selalu berjalan dengan baik kedepan. Dan tentunya komisi akan terus memberikan dukungan terhadap program-program prioritas yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat dari sisi lingkungan.

“Komisi tentu sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tentu kedepan kita akan terus mendorong program-program prioritas dari dinas lingkungan hidup atau DLHP, sesuai tupoksi kita di komisi,” pungkas Ketua Fraksi Nasdem Kota Ambon ini. (UPE)

Comment