by

DPRD Apresiasi Kinerja Kodim 1511/Pulau Moa

Ambon, BKA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), mengapresiasi Kinerja Kodim 1511/Pulau Moa, khususnya pada upaya pembinaan generasi muda sejak dini untuk menjadi prajurit TNI.

Hal ini disampaikan Ketua komisi A DPRD MBD, Johand Mose, usai rapat koordinasi bersama mitra, di Kantor DPRD Kabupaten MBD, Tiakur, Jumat (19/3).

Mose menjelaskan, berdasarkan pernyataan Komandan Kodim 1511/Pulau Moa, kehadiran mereka masih baru. Namun telah mendapatkan jatah kuota penerimaan anggota sebanyak 30 orang.

Hal tersebut merupakan kesempatan yang luar biasa bagi generasi muda MBD, untuk dapat meniti karir sebagai prajurit TNI.

“Tentu upaya kodim 1511/Pulau Moa ini juga tidak terlepas dari semangat dan antusias generasi muda MBD, yang cukup tinggi untuk mengambil bagian membela negara sebagai prajurit TNI,” jelas Mose.

Tidak hanya sampai disitu, lanjutnya, Kodim 1511/Pulau Moa juga terus melakukan pembinaan awal, guna mempersiapkan wawasan maupun fisik generasi muda Kabupaten MBD, agar dapat direktur sebagai anggota TNI melebihi kuota yang telah ditetapkan.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, sesuai informasi dari pihak Kodim 1511/Pulau Moa, 136 orang yang dikirim pada gelombang l calon prajurit tamtama guna menjalani seleksi lanjutan di Ambon, merupakan putra terbaik dari MBD yang telah digembleng di Makodim Moa.

Karena itu, Mose berharap, kuota 30 orang tersebut betul-betul terisi oleh putra MBD. Bukan diisi oleh orang lain dari luar MBD. Bahkan dengan berbagai persiapan yang dilakukan sejak dini, dapat memberikan hasil yang lebih.

Selain masalah seleksi Catam TNI, terangnya, dalam rapat koordinasi tersebut, mencuat beberapa persoalan terkait kendala komunikasi dan infrastruktur pendukung lainnya yang dialami oleh Kodim dan jajaran Koramil sebagai penjaga teritorial dan wilayah perbatasan.

Karena itu, DPRD akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD, agar turut membantu melihat persoalan tersebut, khusus untuk Koramil yang belum tersedia jaringan wifi.

Menurut Mose, DPRD MBD dalam waktu dekat akan membangun komunikasi dengan pihak Korem 151/Binaya, untuk mem-back-up kinerja Kodim 1511/Pulau Moa, khususnya tugas pengamanan di wilayah perbatasan.

‚ÄúSebagai mitra, komisi A akan mengkomunikasikan itu dengan Danrem 151/Binaya, guna menyampaikan persoalan-persoalan yang merupakan domain dari Korem sendiri,” ungkapnya.

Senada, Koordinator Komisi A DPRD Kabupaten MBD, Aswerus Tunay, juga menyampaikan hal yang sama.

Selaku Ketua DPRD Kabupaten MBD, Tunay akan berkoordinasi dengan pihak eksekutif, agar pembinaan mental generasi muda yang dilakukan kodim, agar dapat dialokasikan dalam APBD MBD. “Sehingga dapat membantu generasi muda yang berminat menjadi prajurit TNI, terutama yang berasal dari keluarga yang kurang mampu,” pungkasnya. (GEM)

Comment