by

DPRD Libatkan BPK Audit Temuan Pengawasan

Ambon, BKA- Dalam melakukan pengawasan terhadap realisasi program dan kegiatan yang didanai APBD dan APBN tahun anggaran 2020 di 11 kabupaten/kota, Komisi I DPRD Maluku melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit hasil temuan pengawasan.

Sebab, untuk menyinkronkan dan mensinergikan data program serta kegiatan selama tahun anggaran 2020, Komisi I sebelumnya telah menggelar rapat secara maraton dengan mitra kerja Pemerintah Provinsi Maluku di 11 kabupaten/kota.

Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra mengatakan, dalam pengawasan anggaran tahun 2020 yang telah digunakan, akan dilihat input dan outputnya. Dimana pihaknya juga menggandeng Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). “Jika nantinya ada temuan-temuan, maka akan disposisi ke lembaga itu (BPK),”tandas Rumra, kepada wartawan, Jumat (5/3).

Politisi PKS ini menilai, komisi akan tetap menyuarakan hasil pengawasan, dengan meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD ) yang ada, untuk lebih konsen kedepan.

“Kedepan OPD lebih konsen pada tahap proses perencanaan anggaran yang sejalan dengan fungsi komisi di DPRD, yaitu fungsi budgeting, legislasi dan pengawasan,” tukasnya.(RHM)

Comment