by

DPRD Maluku Akan Bentuk Panja RSUD Haulussy

beritakotaambon.com – Batal membentuk panitia khusus (Pansus), DPRD Provinsi Maluku dalam waktu dekat akan membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengevaluasi kinerja RSUD dr. M. Haulussy, Ambon.

Pembentukan tim Panja yang terdiri dari perwakilan masing-masing fraksi, untuk menindaklanjuti usulan Badan Musyawarah (Bamus) dan hasil kesepakatan Badang Anggaran (Banggar) DPRD serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Maluku.

“Semula kita berfikir untuk membentuk Pansus, tapi setelah melihat permasalahan yang ada, maka Bamus kembali mengusulkan supaya membentuk Panja. Yang nantinya hanya fokus pada sistim pelayanan di RSUD Haulussy,” beber Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, kepada media ini, Senin (16/8).

Baca juga:
Upacara HUT RI di Malra Berlangsung Khidmat

Panja sendiri, lanjut Wattimury, merupakan perwakilan dari masing-masing fraksi, sesuai dengan kesepakatan Bamus untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja RSUD Haulussy Ambon.

“Intinya satu, kita berupaya untuk menjawab apa yang menjadi harapan dari pak gubernur. Bagaimana RSUD Haulussy bisa meningkatkan kualitas pelayannya kepada masyarakat,” sebutnya.

Dengan demikian, masalah kesehatan sebagai salah satu pelayanan dasar di Maluku yang selama ini dianggap sebagai hambatan di masyarakat, dapat dibenahi dari waktu-kewaktu. Dengan kebijakan yang diambil Pemprov bersama DPRD Maluku.

Disinggung soal hak atau insentif tenaga kesehatan (Nakes) Covid-19 yang belum terbayar oleh pihak RSUD Haulussy, Wattimury menilai, sesuai hasil koordinasi bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Zulkarnain, insentif yang selama ini menjadi problem telah dibayarkan.

“Tadi pagi (kemarin) kebetulan saya ketemu dengan kepala dinas kesehatan di acara pengukuhan kepala BPKP Maluku yang baru. Saya tanyakan informasi ini kepada beliau tentang Nakes, beliau sampaikan sudah dibayar. Dengan demikian apa yang mereka janjikan untuk DPRD Mauku, bahwa sebelum 17 Agustus Naskes-Nakes sudah diselesaikan. Dan saya kira itu yang sudah dijawab oleh mereka,” pungkasnya.

Baca juga:
Kepala BKKBN Temui Wawali Tual

Terhadap itu, lanjut dia, akan memberikan penghargaan kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan, maupun pihak terkait yang telah menjawab apa yang menjadi harapan DPRD Maluku. Guna menyelesaikan apa yang menjadi keinginan dari Nakes.

“Dengan harapan agar persoalan serupa tidak lagi terjadi. Sehingga apa yang pernah terjadi biaralah menjadi pelajaran untuk tidak dilakukan kembali,” tutupnya. (RHM)

Comment