by

DPRD Maluku Diingatkan Perkuat Tupoksi

Ambon, BKA- Rapat paripurna DPRD Maluku, dalam rangka tutup buka masa sidang I 1 tahun sidang II 2020-2021, di ruang paripurna DPRD, Karpan Ambon, mengingatkan seluruh anggota DPRD lebih memperkuat tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai anggota legislatif (Aleg).

“Teman-teman di dewan sangat menginginkan, lembaga ini (DPRD) memperkuat fungsinya sebagai legislatif dengan baik. Agar dalam menjalankan prodak hukum yang disampaikan eksekutif dan merupakan Inisiatif legislatif, bisa dikerjakan dengan baik hingga selesai,” tandas Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala, kepada awak media, usai memimpin rapat paripurna, Jumat (15/1).

Dikatakan, dalam peraturan daerah (Perda) lebih dikuatkan dan harus lebih banyak dievaluasi, lantaran banyak anggota dewan yang tidak menjalankan tupoksi dengan baik. Sehingga kedepan lebih meningkatkan kedisplinan di masa sidang berikutnya.
“Memang kami juga pada akhirnya, semua pihak menyadari bahwa kondisi Covid ini yang menyebabkan banyak anggota yang tidak bisa beraktifitas dengan baik, dalam menghadiri rapat-rapat di DPRD,” akuinya.

Kedepan, lanjut Sangkala, nantinya akan banyak perda yang akan dikerjakan, termasuk tiga perda yang dianggap paling mendesak. Salah satunya perda disiplin protokol kesehatan dan perda energi daerah. Tapi secara keseluruhan, perda yang akan menjadi program legislasi tahun 2021 nantinya akan diputuskan lewat DPRD.

Untuk itu kedepannya, DPRD akan berkoordinasi dengan Biro Hukum Setda Maluku dan Badan Penyusunan Perda (Bapen Perda), untuk menetapkan perda-perda apa saja yang menjadi prioritas di tahun 2021.

“Besar harapan seluruh perda yang kita bahas itu, sudah secara naskah akademik dan ranperdanya. Sehingga tidak lagi yang tidak bisa diselesaikan,” tutupnya (RHM)

Comment