by

DPRD Maluku Sepi Agenda

beritakotaambon.com – Untuk beberapa hari kedepan, aktivitas di kantor DPRD Provinsi Maluku, kawasan Karang Panjang (Karpan) Ambon ini sepi dari berbagai agenda persidangan. Pasalnya, seluruh wakil rakyat ini sementara melakukan reses pada daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Meskipun ada beberapa anggota dewan yang masih terlihat berkantor, namun dipastikan seluruhnya melakukan reses masang sidang III tahun sidang 2021.  

Reses atau masa reses, merupakan masa di mana RPR, DPD maupun DPRD wajib menjalankan kegiatan di luar gedung DPRD. Seperti kunjungan kerja atau menjaring aspirasi secara perseorangan maupun berkelompok pada dapil masing-masing.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Maluku, Boedewin Wattimena mengatakan, reses adalah kegiatan yang sudah dijadwalkan bagi setiap anggota DPRD, sesuai keputusan Badan Musyawarah (Bamus).

“Masa reses sidang ketiga ini berlangsung selama 12 hari kedepan, yang telah dimulai sejak 9 sampai 21 September mendatang sesuai putusan Bamus,” terang Wattimena, kepada Koran ini, via selulernya, Sabtu (10/9).

Selama masa reses, lanjut Wattimena, pimpinan maupun anggota DPRD akan mengunjungi dapil masing-masing, dalam rangka mensosialisasikan berbagai hal yang dibahas di DPRD bersama Pemerintah daerah maupun mitra lainnya dan menjaring aspirasi dari masyarakat. “Jadi selain sosialisasi, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat,”terangnya.

Meskipun demikian, smabung dia, masa reses sidang tidak menutup kemungkinan untuk tetap dilakukan hal-hal prinsipil.

“Kalau masa reses anggota mengunjungi dapil, tetapi kalau ada hal-hal prinsipil yang harus dibahas nanti disesuaikan agendanya. Salah satunya panitia kerja (Panja) evaluasi RSUD Haulussy ini kan masa kerjanya, sampai hari ini masih beproses,” sebutnya.

Wattimena juga berharap, seluruh anggota DPRD bisa memanfaatkan kesempatan itu secara maksimal. Karena, setiap usulan masyarakat akan menjadi  referensi.

“Serap aspirasi tersebut guna menampung seluruh usulan masyarakat dari masing-masing daerah pilihan (Dapil) anggota dewan Maluku,” tutupnya. (RHM)

Comment