by

DPRD Minta Pemprov Cairkan BOPD

DPRD Provinsi Maluku meminta Pemerintah Provinsi Maluku, agar segera mencairkan anggaran Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) yang dulunya disebut Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Asis Sangkala, mengungkapkan, dana bantuan itu telah tertahan selama 7 bulan, belum dilakukan pencairan.

Tapi saat ini, katanya, bantuan itu harus segera dilakukan karena sejumlah SMA dan SMK mengalami masalah anggaran di masa pandemi Covid-19.

Jika dana bantuan itu tidak segera dicairkan, terang Asis, ditakutkan akan menghambat berbagai kegiatan kependidikan di sekolah. Sehingga akan mengganggu aktivitas pendidikan dimasa kondisi pendidikan yang sementara terpuruk selama pandemi Covid-19.

“Kita minta Biro Keuangan merealisasikan pencairan dana BOPD. Dinas juga bisa berkoordinasi, sehingga proses pencairan bisa berjalan cepat. Karena operasional sekolah ini kan banyak hal yang bisa dibiayai,” pinta Sangkala.

Menurutnya, sampai sekarang belum ada satupun sekolah yang menerima BOPD, sehingga memperlambat sistim operasional sekolah.

Meskipun dalam sistim penyerapan anggaran juga terjadi refocusing, tapi jangan sampai mengganggu dunia pendidikan yang saat ini lagi terpuruk akibat kondisi pandemi.

“Jadi penyerapan anggaran yang kita sudah alokasikan untuk bidang pendidikan yang cukup banyak ini, bisa sesegera mungkin dicairkan sesuai dengan kebutuhan pendidikan di sekolah masing-masing,” harapnya. (RHM)

Comment