by

DPRD Percepat PAW Fifian Uniputty

Ambon, BKA- DPRD Maluku sementara menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Fifian Novita Uniputty menggantikan almarhum Osama Namakule dari Fraksi Perindo, Dapil Maluku Tengah yang telah meninggal dunia.

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan DPD Perindo Maluku untuk mengusulkan satu nama pengganti almarhum Osama Namakule. Dan setelah diverifikasi, maka Fifian Novita Uniputty yang ditetapkan oleh KPU Maluku untuk melanjutkan sisa jabatan dari almarhum Osama Namakule lawat PAW.

“Akhir tahun 2020 lalu, anggota DPRD Maluku, almarhum Osama Namakule telah dipanggil Tuhan. Dan sesuai aturan perundang-undangan harus ada PAW. Dan kami sudah koordinasi dengan partai untuk usulkan nama PAW. Setelah KPU sudah verifikasi dan tetapkan ibu Fifian Novita Uniputty sebagai PAW almarhum Osama. Sehingga DPRD telah memproses PAW nya dalam waktu dekat,” tandas Wattimury, saat dihubungi koran ini, Sabtu (23/1).
Dijelaskan, dari nama yang ditetapkan KPU selanjutnya DPRD menindaklanjuti dengan mengusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) lewat Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Makanya tadi saya sudah koordinasikan dengan Sekwan usulkan ke Mendagrti lewat Gubernur. Baru saja saya tandatangan. Dan kalau diproses dengan cepat, akhir-akhir bulan ini sudah bisa dilaksanakan pelantikan PAW terhadap anggota DPRD dari Perindo,” terang dia.
Menurut dia, proses PAW harus dilakukan secara cepat, dikarenakan banyak agenda DPRD yang harus segera dibahas. Apalagi, Perindo sendiri masuk dalam fraksi gabungan. Dan kalau tidak dipercepat, maka akan mempersulit kinerja DPRD.

Sebab, Fraksi Perindo sendiri sangat membutuhkan anggota barunya untuk dapat berproses dengan baik terhadap semua anggotanya. Sehingga ketika terbentuknya panitia khusus (pansus), maka seluruh anggota DPRD bisa terlibat sebagai alat kelengkapan DPRD.

Dan untuk Fifian Novita Uniputty, lanjut Wattimury, merupakan suara terbanyak ke dua dari Perindo Dapil Maluku Tengah, setelah almarhum Osama Namakule. Sehingga pengusulan tersebut ditindaklanjuti untuk proses PAW lewat paripurna nanti.

“Setelah almarhum, kemudian dia (Fifian Novita Uniputty) punya jatah untuk itu. Semua diatur dalam aturan KPU, lewat pengusulan dari Perindo. Kami tidak bisa mengotak-atik. Dan kami hanya melihat namanya apa sudah sesuai dengan aturan apa belum. Kalau belum, kami hanya meminta partai dan KPU tambahkan. Ternyata menurut KPU sudah sempurna sesuai aturan dan persyaratannya,” pungkasnya. (RHM)

Comment