by

DPRD Proses PAW Anggota Meninggal Dunia

Ambon, BKA- Kekosongan kursi keanggotaan DPRD Provinsi Maluku yang ditinggalkan almarhum Osama Namakule dari Fraksi Perindo, kini dalam proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Kita sudah terima surat dari DPP Partai Perindo dan sudah proses. Pimpinan dewan juga sudah surati KPUD untuk dilakukan verifikasi daftar calon anggota berikut,” akui Sekwan DPRD Maluku, Bodewin Wattimena, kepada awak media, Kamis (14/1).

Setelah KPUD melakukan verifikasi dan mengeluarkan nama calon berikutnya, selanjutnya tugas DPRD melanjutkan hasil penetapan calon anggota berikutnya ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Maluku.

“Sebelumnya kita juga sudah layangkan surat ke KPUD Maluku, terkait dengan permintaan nama calon PAW anggota DPRD Maluku dari Fraksi Perindo. Menindaklanjuti surat dari DPD Perindo, perihal rekomendasi PAW dan mempedomani ketentuan pasal 107 ayat (1) PP nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD,” ungkap Sekwan.

Menyangkut siapa calon pengganti, lanjut Sekwan, dirinya belum mengetahui. Namun menjadi keputusan KPUD sesuai nomor urut calon legislatif berikutnya, setelah almarhum Osama Namakule.

“Kalau memang betul-betul ibu yang nomor urut berikut, nanti baru kita proses setelah ada penetapan dari KPUD. Tapi surat dari DPP Partai Perindo sudah masuk sejak awak bulan Januari 2021, dan sudah ditindak lanjuti oleh KPUD,” tuturnya. (RHM)

Comment