by

DPRD SBT Konsultasi Pembentukan Kodim

Ambon, BKA- Terkait percepatan pembentukan Kodim baru di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Ketua DPRD SBT Noaf Rumau sambangi Korem Binaya 151 di Ambon, Kamis (04/02). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold A.R Ritiauw.
Saat dikonfirmasi koran ini, Ketua DPRD SBT, Noaf Rumau mengaku, kunjungan ke Korem 151 Binaiya itu dengan agenda konsultasi terkait pembentukan Kodim baru di Kabupaten SBT.

“Iya, jadi pertama itu, kunjungan tadi itu, kunjungan ketua DPRD ke Korem Binaiya 151 untuk ketemu dengan Pak Danrem. Untuk membicarakan beberapa hal terkait dengan proses pengusulan pembentukan Kodim baru di Kabupaten SBT. Dalam kunjungan konsultasi itu, saya disambut baik oleh pak Danrem dan beberapa Perwira Tinggi ,” tutur Rumau.

Dijelaskan, konsultasi yang dilakukanya, ada beberapa syarat yang dijelaskan Danrem. Yakni yang harus dipenuhi untuk terbentuknya Kodim di satu kabupaten. Misalnya sekurang-kurangnya sudah terbentuk 5 Koramil definitif. Sedangkan di SBT baru ada tiga Koramil, yakni Koramil Bula, Koramil Geser dan Koramil Werinama.
“Satu diantaranya, harus ada lima Koramil definitif. Sehingga untuk memenuhi persyaratan itu semua, harus ada perhatian serius dari pemerintah daerah. Karena untuk terbentuknya suatu Koramil, daerah harus menyediakan lahan satu hektar,” sebutnya.

Rumau juga menambahkan, selaku pimpinan DPRD, pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah, guna terpenuhinya beberapa syarat sebagaimana yang disampaikan Danrem Korem Binaya 151, untuk percepatan proses pembentukan Kodim Persiapan SBT menjadi definitif.

“Selaku pimpinan DPRD sangat mendukung, sekaligus menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pak Danrem atas upaya itu. Dan ini nanti saya komunikasikan dengan pemerintah daerah dalam hal ini pak Bupati. Jadi nanti DPRD akan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mempersiapkan berbagai persyaratan-persyaratan itu,” pungkasnya. (LAN)

Comment