by

DPRD SBT Minta Pilkades Dipercepat

BULA-BKA, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), M. Umar Gassam meminta Pemerintah Kabupaten SBT untuk mempercepat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pasalnya, ratusan desa di SBT masih diduduki sejumlah penjabat hingga saat ini.

Hal ini dinilai justru melemahkan pemerintahan di tingkat desa yang ada. Belum lagi, banyak keluhan dari masyarakat, agar Pilkades tersebut tidak diperhambat oleh pemerintah kabupaten.

Gassam menjelaskan, demi menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa, hal ini harus menjadi perhatian serius Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas beserta jajaran, untuk segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub).

Agar dapat ditindaklanjuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dengan membentuk Tim Pemilihan Kabupaten. Dan menginstruksikan seluruh jajaran di tingkat kecamatan hingga seluruh penjabat kepala desa se-kabupaten.

“Untuk melaksanakan Pilkades serentak tidak perlu peraturan daerah (Perda). Itu yang dibutuhkan hanya peraturan bupati (Perbub). Perbub agar Sekda bisa membentuk panitia pemilihan kabupaten,” terang Gassam, saat dihubungi media ini, Rabu, (04/08).

Menurutnya, jika Pemkab SBT mengaku tidak memiliki anggaran, maka hal tersebut adalah sebuah pembohongan. “Anggaran sudah masuk di dana desa. Jadi ini menunggu keinginan penuh dari Bupati SBT,” tegasnya.

Baca juga: Vaksinasi Massal di Aru Langgar Prokes

Politisi Gerindra ini menilai, demi menata birokrasi SBT sesuai keinginan bupati, maka penting ditata mulai dari desa. Sebab, konsolidasi pemerintahan itu dimulai dari tingkat desa. Dan jika desa-desa yang ada masih dipimpin oleh penjabat kepala desa, maka fungsi pelayanan maupun pembangunan tidak akan berjalan dengan baik.

“Selaku ketua komisi A, saya minta saudara Bupati dan Wakil Bupati, agar konsisten dengan pembicaraan yang disampaikan. Bicara dengan perlakuan itu mesti konsisten, harus seiring sejalan,” harapnya.

Kedepan, lanjut dia, hal ini juga akan sampaikan ke Ketua DPRD SBT, Noaf Rumau. Agar bisa mengingatkan kembali pemerintah daerah.

Baca juga: Danrem Binaiya Pimpin Sidang Parade Caba

“Saya berharap, saran dan kritik ini dijadikan sebagai vitamin untuk Pemda. Agar memacu bupati, wakil bupati dan OPD agar bekerja lebih cepat lagi,” pungkasnya. (SOF)

Comment