by

DPRD SBT Siap Teulusuri Dana Karang Taruna

beritakotaambon.com – DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menelusuri dana karang taruna. Hal ini disampaikan sejumlah pimpinan fraksi saat rapat badan anggaran (Banggar) DPRD bersama pihak eksekutif Pemkab SBT, Kamis, (19/8).

Anggota DPRD SBT, Agil Rumakat usai memimpin rapat tersebut mengatakan, dinamika rapat mengiyakan untuk pembentukan Pansus. Namun mekanisme pembentukan Pansus dimaksud, harus mengikuti tata tertib DPRD.

“Dinamika rapat menginginkan untuk pembentukan pansus. Mekanisme pembentukan pansus ada tata caranya. Prinsipnya pansus itu dibentuk melalui Paripurna,” terang Agil.

Baca juga: Bupati SBT Diminta Evaluasi Plt Kadis Pendidikan

Demi mencari kejelasan anggaran karang taruna yang saat ini menjadi topik hangat warga SBT, lanjut dia, pihaknya telah meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda), untuk segara memasukkan dokumen APBD tahun anggaran 2020 dan 2021 serta Peraturan Bupati (Perbub) tentang penjabaran APBD 2021.

“Andaikan jika informasi itu benar maka bisa terlihat dalam APBD. Dan andaikan terbaca di APBD maka Pansus itu wajib untuk dilakukan. Karena DPRD bersikap sesuai dokumen yang jelas,” ucap Agil.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD, M. Umar Gassam menambahkan, jika ada temuan pengelolaan keuangan daerah dan negara keluar dari mekanisme yang ada, maka DPRD secara kelembagaan harus bersikap.

“Jika itu benar, maka ada konsekuensi hukum yang timbul akibat keteledoran ini. Karang Taruna setahu saya. Dalam pembahasan tahap satu, dua dan tiga itu tidak ada dalam batang tubuh APBD,” pungkas Gassam. (SOF)

Comment