by

DPRD Terima 5 Ranperda Eksekutif

Ambon, BKA- Lewat paripurna ke-4, DPRD Kota Ambon menerima 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) eksekutif usulan Pemerintah Kota Ambon. Paripurna tersebut dilakukan secara virtual dengan Pemerintah Kota Ambon, di ruang paripurna DPRD Belakang Soya, Jumat (25/9).

Lima ranperda tersebut diantaranya, ranperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Ambon tahun anggaran 2020, ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan, ranperda pajak daerah, ranperda perubahan perda nomor 14 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Ambon, dan ranperda Kearsipan.

Pantauan koran ini, paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta dan Wakil Ketua DPRD kota Ambon Gerald Mailoa. Yang turut dihadiri puluhan anggota DPRD, dengan mengedepankan protokol kesehatan yakni wajib pakai masker dan menjaga jarak.

Sementara untuk proses penyerahan ranperda eksekutif, diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler secara simbolis lewat virtual.

Usai paripurna, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta mengaku, DPRD menerima 5 ranperda tersebut untuk nantinya akan di disposisikan ke masing-masing komisi, guna dibahas pada masa sidang I tahun sidang II 2020-2021 ini.
“DPRD telah menerima penyampaian 5 ranperda eksekutif tadi, dan nanti akan dibahas lagi per komisi untuk diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan,” tandas Toisuta, kepada koran ini.

Ketua PDK Kosgoro 1957 Maluku ini menambahkan, dari 5 ranperda tersebut, ada ranperda APBD Perubahan tahun anggaran 2020. Sehingga nantinya akan dibahas dalam Badan Anggaran (Banggar) DPRD, untuk nantinya dilakukan penerapan APBD.
“Kan ada ranperda APBD juga, RKA akan diambil drafnya baru dibahas di Banggar untuk penetapan APBD. Ada juga untuk ranperda insiatif DPRD yang beberapa waktu lalu sudah diusulkan. Maka itu, target kita semua ranperda harus selesai dalam masa sidang ini. Dan semua ranperda untuk kepentingan masyarakat yang ada,” tutup Toisuta. (UPE)

Comment