by

Dua Cek Poin Perbatasan Ambon-Malteng Longgar

AMBON-BKA, Belakangan ini, masyarakat Kota Ambon maupun dari Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) bebas keluar masuk tanpa ada pemeriksaan, terkait PPKM level III. Pasalnya, dua cek poin atau pos pengamanan Covid-19 yang berada di perbatasan Ambon-Malteng ini, tidak dilakukan pemeriksaan.

Dua cek poin ini berada dikawasan Larier, Desa Passo, Kecamatan Baguala yang berbatasan dengan Kecamatan Salahutu (Malteng), dan kawasan Hunuth atau Durian Patah, Kecamatan Teluk Ambon yang berbatasan dengan Kecamatan Leihitu (Malteng).

Pantauan BeritaKota Ambon ini, sekira pukul 09.00 WIT, Kamis (12/8), beberapa petugas di dua cek poin ini, hanya duduk di dalam posko. Sementara warga dari Kecamatan Salahutu dan Leihitu bebas keluar masuk.

Baca juga: Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

Padahal seperti yang diketahui, Ambon masih dalam zona orange (sedang) penyebaran Covid-19 dengan skoring zonasi yang masih dianggap sangat riskan kembali masuk zona merah.

Bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah memperpanjang penerapan PPKM level III hingga 23 Agustus 2021, akibat jumlah kasus terkonfirmasi positif mengalami peningkatan.

Sala satu warga asal Tulehu, Kabupaten Malteng, Aisah (22) mengatakan, saat melintas cek poin kawasan Larier menuju kota Ambon, tidak ada pemeriksaan yang dilakukan Satgas setempat.

“Iyah tadi beta (saya) lewat tidak diperiksa. Tidak tahu kenapa petugas tidak periksa. Tapi tadi beta lihat, mereka (petugas) ada dalam posko,” sebut Aisa.

Baca juga: Karaoke dan Bioskop Masih Dievaluasi

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz saat dikonfirmasi mengaku, belum bisa menjelaskan alasan dua cek poin tersebut bisa longgar.

Sebelumnya, Sekertaris Kota Ambon, A. G Latuheru mengaku, dengan kelanjutan PPKM level III, dua posko tersebut akan lebih diperketat, guna memutus mata rantai Covid-19. (IAN)

Comment