by

Dua Hari Kandas, KM Tidar Berhasil Lepas

BURU-BKA, Kapal Motor (KM) Tidar yang sempat karam selama dua hari lalu di area Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, akhirnya berhasil lepas, Rabu (28/7) dini hari.

Sebelumnya, pihak Pelni dan Syahbandar Namlea tengah berupaya untuk mendatangkan dua kapal tugboat, guna menarik kapal tujuan Ambon, Dobo, Kaimana, Fak Fak dan Sorong itu.

Namun Kapten Kapal Tamrin Sinurat, dengan kemampuan dan pengalaman saat air laut pasang, terus mencoba melakukan olah gerak kapal hingga berhasil keluar dari jeratan batu karang dan lumpur. Dirinya langsung melabuhkan kapal Tidar dari perairan Namlea.

Baca: New Port dan Fish Market Dibangun November

Selama beberapa jam berlabuh dan melaporkan keberhasilan itu, KM Tidar kembali merapat ke pelabuhan tepat pukul 12.00 WIT, dan kemudian mengangkut penumpang lanjutan sesuai jadwal rute awal.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 2 Namlea, Jonly Pentury saat dikonfirmasi mengatakan, KM Tidar telah berhasil lepas dari lokasi kejadian kandas kemarin.

“Alhamdulillah dan puji syukur, kapten KM Tidar mungkin tadi malam sudah merencanakan untuk olah gerak saat menunggu air laut pasang. Agar bisa lolos keluar dari kandas,” tutur Jonly.

Dia menambahkan, KM Tidar bertolak dari Pelabuhan Namlea tepat pukul 18.20 WIT dan akan tiba serta sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pukul 23.00 WIT tadi malam.

“Dan saat ini sisa penumpang lanjutan sebanyak 117 orang sudah kembali naik ke kapal melanjutkan perjalanan menuju ke tempat tujuannya masing-masing,” pungkasnya.

Baca: Penumpang KM Tidar Dialihkan ke KM Pangrango

Sementara, pada Selasa 27 Juli 2021 hingga pukul 18.30 WIT ratusan penumpang KM Tidar telah dievakuasi dan dialihkan ke KM Pangrango oleh PT Pelni, untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ambon. (MSR)

Comment