by

Dua Incumbent Calon KPID Maluku Tersingkir

Dua dari tujuh anggota incumbent Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) periode 2016-2019 tersingkir, setelah dinyatakan tidak lolos mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Kedua anggota KPID periode 2016-2019 itu diantaranya Janes Alexander Uhi dan Melkianus Parera.

Kemudian tiga komisioner lainya sudah menjabat dua periode itu tidak lagi mencalonkan diri. Sementara dua lainnya kembali terpilih sebagai anggota KPID priode 2021- 2024 yakni, Mutiara Dara Utama dan Asrul Patimahu.

Penetapan calon terpilih anggota KPID Provinsi Maluku yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra di ruang paripurna DPRD Provinsi Maluku, Sabtu (29/5) dini hari, juga menetapkan lima anggota komisioner terpilih lainnya.
Diantaranya, Kaharudin Mahmud, Lekperi Jori Amtu, Demsi Wattimena, Abdul Karim Angkotasan dan Benico Ritiau.

Sebelumnya, uji kepatutan dan kelayakan yang berlangsung selama dua hari diruang paripurna DPRD Maluku, diikuti 14 calon anggota KPID Provinsi Maluku, periode 2021-2024.

Terhadap itu, Ketua Komisi I Amir Rumra mengatakan, dalam proses calon KPID, pihaknya melakukan uji kelayakan dan kepatutan, mengedepankan azas transparansi dan objektifitas.

“Kita akan secara transparan dan objektif dalam melakukan masing-masing penilaian. Kita menghindari adanya masuk angin,” sebut Rumra, usai penetapan calon terpilih anggota KPID Maluku.

Menyangkut subtansi penilaian, Rumra menilai, pihaknya fokus pada beberapa hal. Yakni materi dan makalah yang disiapkan calon, penguasaan visi dan misi para calon, kompetensi menguasai masalah di bidang penyiaran baik tingkat nasional maupun lokal, serta kredibilitas calon. Dengan skor nilai kisaran 50 hingga 90.
Bahkan selama dua hari, lanjut dia, komisi bisa menyelesaikan tugas pengujian itu sehingga dapat menghasilkan tujuh calon komisioner KPID Malaku.

“Waktu penilaian akan dilakukan dua hari. Dan kita harapkan dalam waktu dua hari ini, bisa didapati 7 orang. Karena target kita awal Juli 2021 sudah ada SK Gubernur untuk penetapan calon komisioner yang baru. Sehingga mereka sudah bisa melakukan tugas-tugasnya,” jelas dia. (RHM)

Comment