by

Dua Meninggal, Ambon Tetap Zona Orange

Ambon, BKA- Meski terjadi penambahan dua pasien yang meninggal terkonfirmasi Covid-19, Kota Ambon masih tetap bertahan di zona orange (sedang). Pemerintah Kota Ambon hingga kemarin masih menunggu hasil scoring zonasi dari Satgas Covid-19 Nasional.

“Zona kita sudah keluar, dan sekarang masih sedang (orange). Sesuai website, scoringnya belum keluar. Ambon masih dalam zona orange, nanti kita akan koordinasi,” ungkap Jubir Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, ketika dikonfirmasi media ini, Rabu (7/4).

Meski demikian, Joy tetap optimis, jika angka skoring zonasi Kota Ambon mengalami penurunan. “Masih sedang. Yang pasti skoring akan turun dari sebelumnya. Data yang keluar ini, itu terhitung sejak data dari Minggu kemarin,” paparnya.

Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ambon ini juga menghimbau, agar seluruh masyarakat kota Ambon tetap patuh dengan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

“Walaupun sebagian besar warga Kota Ambon sudah melakukan vaksinasi, tetapi harus bisa patuhi anjuran pemerintah. Protokol kesehatan harus tetap dijaga, guna meminimalisir angka penularan Covid-19,” jelasnya.

Joy juga menyarankan, agar masyarakat yang merasakan sakit, jangan takut pergi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksa kesehatan. “Kalau masyarakat merasa kondisi kesehatan terganggu. Jangan segan-segan pergi ke puskesmas terdekat,” pesannya.

Diberitakan koran ini, Senin (5/4), Kota Ambon sempat terancam akan masuk dalam zona merah (tinggi) akibat penambahan dua pasien terkonfirmasi Covid-19 tersebut. Dimana, penambahan korban meninggal ikut mempengaruhi angka skoring zonasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, sejak Senin kemarin pihaknya masih menunggu hasil skoring zonasi yang nantinya dikeluarkan Sangas Covid-19 Nasional.
Wendy juga mengaku, kemungkinan hasil skoring zonasi akan dikeluarkan dalam minggu ini. Diharapkan tidak membuat Ambon kembali dalam zona yang tidak diharapkan semua orang.

“Mungkin dalam minggu ini keluar. Kemarin kan masih orange turun dari 2.23 ke 1.13. Yah kita berharap Ambon tidak lagi keluar dari zona orange akibat kamatian dua korban Covid-19 ini,” imbuhnya. (IAN)

Comment