by

Dua Program Prioritas Pemdes Namsina

Ambon, BKA- Ada dua program prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Namsina, Kecamatan Waplau, pada tahun 2021.

Dua program prioritas tersebut, yakni, program pemulihan ekonomi masyarakat, serta program bantuan terhadap masyarakat dalam bentuk ketahanan pangan dan pemulihan kesehatan masyarakat.

Kedua program itu dicetuskan pada pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) Rancangan Kerja Pemerintah Desa Namsina tahun anggaran 2021, yang digelar pada September 2020 lalu.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Namsina, M. Yasir Laitupa, mengatakan, kedua program tersebut akan dijalankan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021.

“Kami memutuskan untuk melakukan program 2021 sesuai dengan DD yang ada. Maka kami prioritaskan terkait pemulihan ekonomi masyarakat serta bantuan terhadap masyarakat dalam bentuk ketahanan pangan dan pemulihan kesehatan masyarakat,” kata Yasir, kepada BeritaKota Ambon, Senin (25/1).

Untuk pemulihan ekonomi masyarakat, ia mengungkapkan, dalam kondisi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, maka Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan disalurkan selama setahun, seperti yang diinstruksikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.


“Berdasarkan instruksi Menteri Desa, bantuan BLT tetap dijalankan selama 12 bulan. Dan kami sudah konfirmasi data penerima bantuan sebanyak 148 KK yang akan menerima BLT, dengan nilai keuangannya sekitar Rp 532. 200.000,” ungkapnya.

Sementara terkait program ketahanan pangan dan kesehatan, ujarnya, Pemdes Namsina akan melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat petani sebagai upaya menguatkan ketahanan pangan. Sedangkan dalam upaya pemulihan kesehatan, masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagai pencegahan dan penangan Covid-19.

“Kami tetap melakukan pemberdayaan pertanian masyarakat. Kami akan melakukan penguatan di dalam pemulihan kesehatan masyarakat. Untuk itu, kami akan berkordinasi dengan pihak kesehatan untuk vaksin ataupun apa yang harus diberikan kepada masyarakat dalam rangka mencegah Covid-19,” pungkasnya.(MG-1)

Comment