by

Dua Tahanan Buron Tertangkap

Ambon, BKA- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku memastikan, dua tahanan buron berhasil tertangkap.

Dua buron itu masing-masing Dominggus Saiya dan Fransisco Nahumury. Mereka kabur bersama dua tahanan lainnya, Yermias Sinay dan Darma Adam, dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Ambon, 15 Maret 2021, sekitar pukul 04.00 WIT.

Sedangkan tahanan lainnya, sampai sekarang masih buron. Sehingga masih dilakukan pencarian terhadap keduanya, hingga saat ini.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Maluku, Yulius Sahruzh, mengungkapna, untuk proses pencarian terhadap kedua buron tersebut, pihaknya telah membentuk tim khusus serta telah menyurati pihak kepolisian untuk membantu proses pencarian.

“Pukul 04.00 WIT dini hari, itu mereka sudah lari. Mulai dilaksanakan pencarian itu setelah Shalat Subuh. Nah, sekitar pukul 11.00 WIT, satu orang tertangkap di daerah Batu Meja, yang pada saat itu sedang bersembunyi di selokan. Yang satu lagi itu tertangkap karena hasil mediasi kita dengan keluarga, sehingga dia diserahkan kepada kita sekitar pukul 15.00 WIT. Jadi tersisa 2 orang yang belum tertangkap sampai saat ini. Sehingga dari kemarin, kita sudah bentuk tim pencarian, serta sudah meminta bantuan dari aparat penegak hukum dengan menyurati pihak Polda, Polres dan Polsek-Polsek, untuk bantu melakukan pencarian,” terang Yulius, diruang kerjanya, Rabu (17/3).

Bahkan lanjut dia, pihaknya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas, jika upaya yang dilakukanya itu belum berhasil membuahkan hasil.

“Itu langkah-langkah yang sudah kita lakukan dan akan terus dilakukan. Dengan bantuan semua pihak, diharapkan, yang bersangkutan segera laporkan ke aparat setempat, demi menegakkan hukum. Karena kita juga sudah hubungi pihak Desa Haruku, untuk bantu dalam proses ini,” pungkas Yulius. (LAM)

Comment