by

Dua Tahap Vaksinasi di SBT Lancar

Ambon, BKA- Sebanyak dua kali proses vaksinasi yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula, RSUD Pulau Gorom dan 22 Puskesmas di 15 Kecamatan, yang vaksininasinya sejak 4 Februari dan 18 Februari 2021 kemarin, berjalan lancar tanpa mengalami kendala di lapangan.

Plt Dinas Kesehatan SBT Ridwan M. Y. Malaka mengatakan, selama dua tahap proses vaksinasi berlangsung, pasien tidak mengalami kendala berat. “Setelah tahap pertama 4 Februari dan tahap kedua yang berlangsung 18 Februari kemarin, semuanya berjalan lancar,” tandas Malaka, saat ditemui koran ini, di ruang kerjanya, Jumat (19/02).

Kata dia, selama proses vaksinasi berlangsung di 22 puskesmas pada 15 kecamatan, belum ada laporan terkait dengan kendala yang dialami di lapangan saat proses vaksinasi berlangsung. Yang ada hanya saja, sejumlah puskesmas yang terlambat proses vaksinasi akibat kondalanya pada tempat penyimpanan.

“Dan untuk kecamatan semuanya sudah dilakukan secara serentak. Hanya ada yang agak terlambat, karena kendalnya di tempat penyimpanan. Terutama puskesmas Kilmury, Puskesmas Afan dan Puskesmas Ukar Segan. Tapi Alhamdulilah, hari Jumat kemarin proses tahap satu selesai dan sekarang menuju tahap dua,” tuturnya.

Ia berharap, semua kepala puskesmas dan jajarnya di kecamatan dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara rutin. Supaya masyarakat tidak merasa panik maupun ragu saat proses vaksinasi nanti. “Kedepan sosialisasi sangat penting untuk memberikan pemahaman ke masyarakat soal vaksinasi,” himbaunya.

Menurut dia, sosialilasi vaksinasi pada masyarakat sangat penting dilakukan, agar masyarakat tidak panik. “Tapi Alhamdulillah, saya ketemu dengan masyarakat 60 tahun, mereka juga ingin untuk divaksinasi. Nyatanya ada masyarakat yang ingin untuk dilakukan vaksinasi. Kita tetap berikan pejelasan ke masyarakat,” ucapnya.

Jelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati SBT terpilih nanti, lanjut dia, dalam pelaksananya dapat mematuhi protokoler kesehatan. “Kita semua harap agar tidak lagi ada pasien covid-19 baru di SBT. Mari kita semau menjaga hal itu,” tutupnya. (SOF).

Comment