by

Dukcapil Buka Pelayanan di Tribun Lapmer

Ambon, BKA- Akibat belasan pegawainya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon membuka pelayanan sementara untuk pengurusan administrasi kependudukan bagi masyarakat Ambon, di tribun Lapangan Merdeka (Lapmer), Rabu (9/9).

Pantauan BeritaKota dilokasi, terlihat puluhan masyarakat yang datang melakukan pengurusan KTP dan lainnya pada dinas tersebut. Proses administarasi kependudukan itu diawasi langsung oleh Satpol PP maupun TNI dam Polri. Aparat yang terlibat, berperan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hal itu dilakukan, agar aktivitas pelayanan publik itu tidak menimbulkan kluster baru atau tidak ada yang terpapar Covid-19. Sebab, kota Ambon saat ini masih dalam zona merah (tinggi) penyebaran Covid-19.

Kepala Disdukcapil Ambon, Marcella Haurissa, kepada koran ini mengatakan, pelayanan tersebut akan berjalan sampai dengan hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2020.

“Pelayanan ini khusus yang kemarin, tidak dapat pelayanan di kantor Dukcapil. Yang penumpukan itu, pak Walikota suruh tutup dan kita ahlikan ke sini (Lapmer),” jelas Haurissa.

Llanjut Marcella, sebetulnya pelayanan mulai berjalan dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIT. Tetapi, melihat kebutuhan masyarakat yang sudah berupaya datang di Lapmer, pihaknya melayani sampai dengan pukul 15.00 WIT.
“Hari ini ada 160 yang sudah dilayani mungkin. Sebenarnya sampai jam 12 saja. Tapi kita tunggu sampai selesai,” akuinya.

Dia menilai, kantor Dukcapil saat ini, telah disterilkan selama tiga hari. Namun karena banyak masyarakat yang datang untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukan, maka untuk sementara waktu pihaknya akan melayani khusus KTP di Lapmer. Dan di kantor Dukcapil ada juga pelayanan lain.

“Disini khusus KTP, baik pengurusan KTP yang hilang, ganti, rusak atau baru mau dibuat,” tutupnya.

Comment