by

Dukcapil Lanjut Pola Jemput Bola

Ambon, BKA- Program jemput bola pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (eKTP), akan kembali diberlakukan di tahun 2021 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Pola penjemputan dari desa dan kelurahan itu, dilakukan dengan target semua warga kota Ambon memiliki eKTP.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon, Marcella Haurissa menyebutkan, tinggal beberapa hari pelayanan Pemerintah Kota akan dihentikan karena bertepatan dengan libur Tahun Baru. Sehingga kemungkinan, pola tersebut akan berlanjut di tahun 2021.

Dikatakan, pola jemput bola dimaksud telah digunakan di tahun ini, yang bertujuan agar seluruh masyarakat yang sudah cukup umur atau sudah menikah, dapat memiliki eKTP sebelum memasuki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2022 nanti.

“Cuma beberapa desa, karena mengingat beberapa hari saja kita akan masuki tahun baru. Mungkin ini akan dilanjutkan di tahun 2021,” tandas Haurissa, kepada wartawan, Senin (28/12).

Selain eKTP, sambung dia, pola jemput bola juga akan dimanfaatkan untuk pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK). Dengan pola ini juga, masyarakat tidak kesulitan untuk datang ke kantor Disdukcapil untuk pembuatan administrasi kependudukan.

“Untuk semua penduduk Kota Ambon memiliki KTP, KK dan juga Akte Kelahiran. Pola itu kita sudah lakukan mulai dari tahun ini. Jadi kita melakukan jemput bola ini kita datangi langsung desa kelurahan. Kemarin itu sudah mulai dari Desa Laha, besok-besok ini akan dilanjutkan dengan desa Waiheru dan juga desa Tawiri. Dan di tahun 2021 kita segera tuntaskan semua 50 desa kelurahan,” cetusnya.

Ditambahkan, pihaknya bakal mengatur waktu sebaik mungkin untuk menjalankan pola tersebut. Sebab, ada pelayanan lain yang harus dilakukan. Yaitu pelayanan terhadap pembuatan Kartu Identitas Anak (KIAI). Dan KIA sendiri telah masuk dalam pola jemput bola.
“Saya berharap ditahun 2021 semua pelayan pembuatan e-KTP, KK, KIA dan Akte Kelahiran berjalan lancar tanpa kekurangan satupun,” harapnya. (BKA-1)

Comment