by

Dukcapil Maksimalkan Pelayanan Selama PPKM

AMBON-BKA, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon, telah memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini dianggap penting mencegah tingkat penularan Covid-19 kepada warga yang belum terpapar, termasuk pegawai Dukcapil. Mengingat cuaca Ibukota Provinsi Maluku saat ini masih dalam kondisi musim penghujan.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa, kepada wartawan, Sabtu (24/7) mengaku, pihaknya akan berusaha semampu mungkin memberikan pelayanan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Dimasa PPKM ini, untuk mencegah terjadinya kerumunan di Dukcapil, kita membagi waktu pelayanan. Karena kita tahu, meski hujan tetap ada warga yang melakukan pengurusan,” sebutnya Haurissa.

Dijelaskan, pelayanan pada Dukcapil mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.00 WIT. “Kita juga membagi hari. Misalnya hari apa pelayanan KTP, hari apa pelayanan KK dan lain-lain,” tuturnya.

Sementara untuk pembuatan KK, bisa dilakukan setiap hari. Dan khusus di hari Selasa, ada penambahan anak pada KK. Sementara KTP elektronik bisa dilayani setiap hari, namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat.

“Untuk hari Selasa penambahan, penambahan anak di KK. Untuk pindah datang juga setiap hari. Untuk pendaftaran akta capil itu hari Rabu. Kamis pengambilan KK, Jumat pengambilan Akta,” paparnya.

Namun hal tersebut, lanjut Haurissa, juga bisa dilakukan dengan cara online. Pelayanan itu, sudah diberlakukan sejak Senin pekan kemarin. “Bisa langsung masuk di website DukcapilAmbon.go.id, ” imbuhnya.

Dengan ini, tambah dia, masyarakat bisa terbantu. Bahkan tidak gampang tertular virus mematikan yang kini masih mewabah. “Kita berikan kesempatan untuk mereka tidak ke Capil,” ujarnya.

Dia berharap, dengan pelayanan yang ditetapkan tersebut, bisa membantu Pemerintah Kota Ambon guna memutus mata rantai Covid-19 yang kini masih mewabah. (IAN)

Comment