by

Dukcapil Tunda Pelayanan Online

Akibat kendala teknis, pelayanan secara online pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon belum dapat digunakan atau diaktifkan. Padahal, pelayanan berbasis online ini direncanakan akan diterapkan mulai hari ini, guna menghidnari kerumunan.

Kepala Dinas Dukcapil Ambon, Marchella Haurissa mengatakan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin agar pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bisa dilakukan secara online. Hanya saja, masih terkendala persoalan teknis.

Salah satu kendala yaitu, belum dapat domain dan password untuk aktifkan akses dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon. Sehingga pelayanan secara online tertunda.

“Hanya karena ada berbagai kendala teknis, salah satunya belum dapat domain dan password untuk aktifkan akses,” ucap Haurissa, kepada wartawan, Sabtu (3/7).

Dirinya juga mengaku, jadwal dalam pelayanan online pada Dukcapil sudah diatur. Sehingga tidak membuat kerumunan yang bisa menyebabkan tingkat penularan Covid-19.

“Senin pelayanan e-KTP, Selasa untuk Kartu Keluarga (KK), Rabu itu akte kelahiran, Kamis ialah pengambilan KK dan Jumat untuk pengambilan akte,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah memasang spanduk terkait jadwal tersebut. “Didepan kantor kita sudah buat spanduk pengumuman pengaturan jadwal,” sebut dia,

Ia menambahkan, pengaturan jadwal seperti itu tidak menggangu pelayanan yang tetap berjalan seperti biasa hingga pukul 14.00 WIT. Hanya saja waktu pendaftaran dibatasi sampai sampai pukul 12.00 WIT.

“Itu sudah berlaku dari awal pandemic 2020 lalu. Cuma karena melihat frekuensi warga banyak, maka kita sesuaikan sampai selesai dengan jumlah masyarakat,” cetusnya. (IAN)

Comment