by

Dukung Ambon Jadi Kota Ikan

Ambon, BKA- DPRD Kota Ambon siap mendukung upaya Pemerintah Kota untuk wujudkan Ambon sebagai Kota Ikan. Namun yang harus difokuskan pemerintah kota saat ini ialah memperbaiki seluruh infrastruktur Tempat Pelanggan Ikan (TPI) maupun pasar ikan yang memadai.

Hal ini ditegaskan Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (7/9). Menurut dia, saat ini kondisi TPI Eri dan lainnya belum memadai. Sehingga butuh kerjasa keras Pemerintah Kota dan seluruh elemen dalam mempersiapkan segala infrastruktur serta sarana lainnya agar Ambon bisa ditetapkan sebagai kota Ikan.

“Yang pertama harus didorong itu infrastruktur yang ada di pasar kemudian TPI Eri dan lainnya. Karena mau didorong tapi infrastrukturnya sendiri belum disiapkan,” tandas Toisuta.

Dikatakan, dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Ambon, persoalan infrastruktur ini sudah disinggung sebelumnya. Dan saat ini menjadi perhatian DPRD untuk bagaimaa kedepan bisa bersama Pemerintah Kota untuk benahi seluruh kekurangan agar dapat difungsikan dengan baik.

“Jadi pasar harus benar menjadi sebuah pasar representatif yang baik, sehingga TPI yang ada juga bisa memadai agar kota ini bisa menuju kota ikan. Dan Pemerintah bersama masyarakat, khususnya pedagang ikan ini yang harus kita dorong agar tidak sekedar wacana,” terangnya.

Politisi Golkar ini menilai, Pemerintah Kota Ambon juga harus memiliki target sehingga seluruh sarana maupuan prasarana yang belum disiapkan dapat diselesaikan di tahun ini maupun tahun berikut.

“Kemarin pak Menteri Kelautan dan Perikanan sudah datang dan banyak hal yang sementara didorong, termasuk upayakan Ambon sebagai kota Ikan. Dan dari sisi dukungan anggaran di DPRD, saya kira tidak masalah. Karena ketika semua difungsikan, akan ada kontribusi lewat PAD yang diterima pemerintah. Jadi DPRD mendukung Ambon sebagai kota Ikan,” pungkas Toisuta. (UPE).

Comment