by

Dukung Ekonomi Warga, Pemdes Ajukan UMKM Dua Tahap

Ambon, BKA- Pemerintah desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, mendukung ekonomi warga dengan mengajukan bantuan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dalam dua tahap.

Hal ini diakui oleh sekretaris desa Batu Merah, M Arlis Lisaholet. Pada tahap pertama pemdes Batu Merah mengajukan sebanyak 2.700 pelaku usaha. Kemudian berdasarkan surat edaran dinas koperasi, maka pada bulan september kembali dibuka kuota tambahan untuk pelaku usaha. Belum semua data yang diajukan sudah terakomodir.

“Sesuai dengan surat permintaan data pelaku usaha mikro yang ada di Batu Merah, kami pemdes sudah menindak lanjuti hal tersebut. Untuk tahap pertama dibulan agustus kami mengajukan sebanyak 2.700 pelaku usaha. Tapi dalam pelaksanaanya belum semua terakomodir. Dibulan september dinas koperasi melayangkan untuk data penambahan pelaku usaha agar bisa memenuhi kuota di Kota Ambon. Sampai dengan saat ini kami masih terus memasukan nama pelaku usaha karena batas waktu pengajuan sampai 25 november,” pungkas M Arlis Lisaholet sekretaris desa Batu Merah.

Lisaholet mengakui bahwa kebanyakan jenis pelaku usaha di Batu Merah yaitu dibidang usaha perdagangan dan jasa. Untuk itu semua pelaku usaha menengah hingga kecil diajukan. Bantuan UMKM juga diakui memiliki persyaratan yang berlaku. Pemdes berharap UMKM ini bisa menyentuh semua pelaku usaha yang ada di desa Batu Merah.

“Pelaku usaha disini kebanyakan dibidang usaha perdagangan dan jasa. Untuk kami mengajukan semua pelaku usaha dari menengah hingga kecil. Persyaratanya yaitu KTP, memiliki surat ijin usaha, dan memiliki rekening yang saldonya dibawah dua juta. Kami berharap UMKM ini bisa menyentuh semua pelaku usaha yang ada sehingga bisa membantu menopang ekonomi warga,” tutupnya.
(MG-1)

Comment