by

Edukasi Narkoba Tanggung Jawab Bersama

beritakotaambon.com – Data Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkotika di Maluku rata-rata merupakan kaum milenial, dengan batasan usia 15 tahun hingga 39 tahun.

Data tersebut tentu sangat meperihatinkan. Sehingga dibutuhkan partisipasi semua elemen masyarakat, untuk mengatasi hal itu.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengatakan, untuk memerangi narkoba, tidak hanya butuh regulasi dan kebijakan pemerintah. Tapi juga partisipasi dari masyarakat.

“Untuk perangi narkoba, tidak hanya butuh regulasi dan kebijakan pemerintah, tapi juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan juga para pegiat anti narkotika,” kata Murad, saat membuka webinar yang digagas Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN), Rabu(18/8).

Baca juga: Hari Ini Ibu Hamil Divaksin

Untuk penanganan narkoba dan Covid-19, butuh standar yang sama. Yaitu, memberikan jaminan dan perlindungan hak-hak masyarakat, agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara baik.

“Untuk penanganan narkoba, kita harus memberi jaminan, hak, dan kewajiban yang sama, agar mereka terus tumbuh dan berkembang. Misalnya kepada pada pengguna narkoba, kita harus merehabilitasi dan edukasi,” tukasnya

Menurutnya, pemerintah sudah berkomitmen untuk melanjutkan program pemberantasan narkotika melalui pengesahan Inpres Nomor 2 tahun 2020, yang memerintahkan agar seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, para Gubernur, Bupati, dan Walikota, untuk melakukan Aksi Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Saya mengajak kita semua untuk terus berjuang, dan tidak bosan-bosannya memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya narkoba. Mari ajak generasi muda dan seluruh elemen masyarakat untuk termotivasi dan bangkit bersama melawan peredaran Narkoba di Bumi Raja-Raja Maluku, yang kita cintai bersama,” ajak Gubernur.

Baca juga: Semoga Akhir 2021, Pandemi Covid 19 Berakhir

Ia mengatakan, majunya suatu negara, provinsi, kota atau bahkan desa, tergantung anak mudanya dan bagaimana cara mereka berperilaku.

“Saya menghimbau, kita harus saling menjaga dan mengingatkan anak muda kita tentang bahaya juga dampak narkoba untuk kehidupan mereka,” tutupnya.(MG-2)

Comment