by

Empat Tersangka Korupsi Dermaga Tawiri Tunggu Sidang

AMBON-BKA, Empat tersangka yang dijerat dalam kasus dugaan korupsi anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan Dermaga dan Sarana/Prasarana Lantamal IX Ambon di negeri Tawiri,tinggi menunggu jadwal persidangan di Pengadilan Tipikor Ambon.

Kasi Penkum Kejati Maluku, Wahyudi Kareba mengungkapkan, sidang perkara tersebut tidak lama lagi digelar.

Baca:
Pembunuh ABK Digiring ke Kursi Pesakitan

Pasalnya, berkas perkara tiga tersangka yakni Raja Tawiri Jacob Nicholas Tuhuleruw, mantan raja Jerry Tuhuleruw, saniri negeri Joseph Tuhuleruw, sudah masuk pengadilan sejak beberapa pekan lalu. Tinggal tersisa berkas tersangka Johana Rahel Soplanit yang dalam pekan ini baru dilimpah ke pengadilan.

“Kalau berkas tiga tersangka kan sudah masuk PN. Sementara tersangka Johana Rahel Soplanit yang baru tahap II pekan kemarin, sehingga pastinya jaksa penuntut umum marathon untuk limpah ke PN agar nanti di sidangkan bersamaan dengan tiga tersangka lain,” ujar Kareba, Kamis kemarin.

Sebelumnya diberitakan media ini, setelah ditahan di Lapas Perempuan Ambon di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Johana Rahel Soplanit, satu dari empat tersangka yang dijerat dalam kasus korupsi anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan Dermaga dan Sarana/Prasarana Lantamal IX Ambon di negeri Tawiri, dilakukan tahap II dari penyidik ke penuntut umum Kejati Maluku.

Kasi Penkum Kejati Maluku, Wahyudi Kareba mengatakan, berkas perkara tersangka yang dinyatakan DPO tersebut dilakukan tahap II dari penyidik ke penuntut umum Kejati Maluku hari ini, Senin 26 Juli 2021.

“Hari ini penyidik lakukan tahap II atas berkas perkara Johana Rahel Soplanit,” ujar Wahyudi, Senin kemarin.

Menurutnya, sementara untuk berkas perkara tiga rekannya, berkasnya telah dilimpah ke pengadilan tipikor Ambon untuk kepentingan persidangan.

“Kalau Rahel hari ini tahap II, sedangkan tiga rekannya, yakni Raja Tawiri Jacob Nicholas Tuhuleruw, mantan raja Jerry Tuhuleruw, saniri negeri Joseph Tuhuleruw, berkasnya sudah masuk pengadilan tunggu jadwal sidang saja,” tandas Kareba singkat. (SAD)

Comment