by

Empat Tokoh Maluku Kandidat Ketua Hena Hetu

Ambon, BKA- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hena Hetu berencana menggelar Musyawarah Besar (Mubes), untuk memilih ketua umum untuk masa periode 2021-2026.

Ada empat figur yang dijagokan sebagai calon ketua umum pada Mubes ke-4 Hena Hetu itu, yang semuanya merupakan tokoh Maluku, yang berasal dari unsur birokrasi, politisi, maupun pengusaha.

Empat nama tersebut, yakni, Tagop Sudarsono Soulisa yang kini menjabat Bupati Buru Selatan (Bursel), Sekda Maluku Kasrul Selang, Kadis Perhubungan Maluku Muhammad Malawa, serta M. Jen Mony yang merupakan salah satu pengusaha di Kota Ambon.

Sekjen DPP Hena Hetu Maluku, Muhammad Umarella, menjelaskan, sesuai agenda, Mubes DPP Hena Hetu akan dilaksanakan diakhir tahun 2021, seiring diakhir masa kepimpinan Edwin Aldrian Huawe, yakni, priode 2016-2021.

Pada pelaksanaan Mubes nanti, DPP Hena Hetu saat ini akan menyampaikan laporannya ke sesepu atau tokoh Jazirah, yang tidak lain adalah Murad Ismail yang kini menjabat Gubernur Maluku.

Selain menyampaikan laporan, mereka juga akan meminta arahan dan pendapat, sebagai langkah-langkah strategis untuk mendukung Pemerintah Provinsi Maluku dalam proses pembangunan.

“Salah satu dalam agenda Mubes itu, pertama mempersiapkan program lima tahun kedepan bagi pengurus baru, termasuk akan dipilih ketum yang baru,” ungkap Umarella, Rabu (27/1).

Menurut Umarella, sudah menjadi tradisi, setiap priode jabatan Ketum DPP hena Hetu akan dipilih secara bergilir, berdasarkan wilayah Kecamatan, yakni, Salahutu, Leihitu dan Leihitu Barat.

Karena periode 2016-2021 jabatan Ketum dari Leihitu Barat, maka untuk priode 2021-2026, jabatan Ketum menjadi hak warga Lehitu.

“Sekarang kita tinggal pilih saja, tokoh-tokoh Leihitu mana yang kita nominasikan,” terangnya.

Lewat Mubes tersebut, diharapkan dapat melahirkan sosok pempimpin yang baru dan bisa disesuaikan dengan era zaman saat ini. Namun yang terpenting, dapat mendukung Pemerintah Provinsi Maluku menjadi lebih baik.

“Intinya, lewat kepengurusan DPP Hena Hetu, program skala prioritasnya dapat memekarkan Jazira Leihitu sebagai daerah otonom sendiri, yang sudah dicita-citakan saat dibentuknya Hena Hetu beberapa tahun lalu,” cetusnya.

Sementara informasi yang berkembang dikalangan masyarakat Hena Hetu, nama Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, mencuat sebagai figur kuat Ketum Hena Heru priode berikutnya.

Itu karena, Tagop Sudarsono Soulisa merupakan salah satu pencetus terbentuknya paguyuban perhimpunan anak negeri Jezira Leihitu Hena Hetu itu.(RHM)

Comment