by

Empat WBP Lapas Namlea Dapat Remisi

Ambon, BKA- Empat narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, Kabupaten Buru, menerima remisi khusus Natal tahun 2020.

Walau perayaan Natal tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19. Namun hal itu tidak mengurangi hikmah dari Natal itu sendiri.

Kondisi pandemi Covid-19 juga tidak menghalangi Lapas Kelas III Namlea untuk memberikan remisi khusus Natal kepada Agus Milame, Aditya Salasiwa, Jonas Batuwael dan Izhad Salasiwa.

Agus Milame mendapat remisi 15 hari, Aditya Salasiwa 1 bulan, Jonas Batuwael 1 bulan dan Izhad Salasiwa 1 bulan 15 hari.

Kalapas Kelas III Namlea, Ilham, mengungkapkan, pemberian remisi Natal itu dilakukan dengan penerapan prosedur protokol kesehatan.

“Ada empat orang yang diberikan remisi khusus Natal tahun 2020 di Lapas Kelas III Namlea. Karena yang lain statusnya masih tahanan, belum narapidana. Jadi belum dapat remisi,” ungkap Ilham, kepada BeritaKota Ambon, Jumat (25/12).

Pemberian remisi yang dilakukan, terangnya, sebagai salah satu indikator pencapaian revitalisasi pembinaan narapidana, serta untuk memberikan titik tekan pada perubahan perilaku mereka.

Menurutnya, pemerintah sangat mengapresiasi adanya perubahan sikap dan perilaku sehari-hari dari narapidana. Sebab memang revitalisasi pembinaan narapidana dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas fungsi pembinaan narapidana, dalam mendorong perubahan perilaku dan penurunan peningkatan angka resiko narapidana.

“Adanya apresiasi pemerintah melalui penghargaan berupa pemberian pengurangan hukum atau remisi, sebagai salah satu wujud pembinaan yang diharapkan dapat menyemangati saudara (narapidana) agar terus berupaya memperbaiki diri, dan mengikuti program pembinaan dengan baik, sehingga dapat segera beradaptasi kembali dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pemberian remisi Natal merupakan salah satu puncak resolusi kemasyarakatan, yaitu, berupa pemberian hak remisi kepada narapidana.(MSR)

Comment