by

Enam Pasang Calkada Ditetapkan KPU

Ambon, BKA- Enam pasang calon kepala daerah (Calkada) diloloskan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk mengikuti Pilkada serentak pada Desember mendatang.

Penetapan itu dilakukan oleh KPU SBT dan MBD di kabupaten masing-masing, Selasa (23/9).

Di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ditetapkan tiga pasang Calkada, yakni, pasangan Benyamin Thomas Noach-Agusthinus Lekwardai Kilikily, Jhon Leunupun-Dolfina Marcus, serta Nikolas Kilikily-Desianus Orno.

Penetapan itu dilakukan sesuai SK KPU MBD Nomor: 57 / PL.02.3/ Kpt/ 8108/ KPU- KAB/ IX / 2020 tanggal 23 September 2020, tentang Penetapan Pasangan Calon Yang Memenuhi Syarat.

Di Kabupaten SBT juga demikian, ditetapkan tiga pasang Calkada, yakni, Fahri Husni Alkatiri-Arobi Kelian, Rohani Vanath-Ramli Mahu, serta Abdul Mukti Keliobas-Muhammad Idris Rumalutur.

Penetapan itu sesuai SK KPU SBT Nomor: 129/HK.03.1-Kpt/8105/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati SBT tahun 2020.

Ketua KPU MBD, Demy, mengatakan, ketiga pasang Calkadayang dinyatakan lolos tersebut selanjutnya akan mengikuti semua proses dan tahapan yang ada.

Ia berharap, semua Calkada dalam mengikuti semua tahapa Pilkada yang tersisa, dapat mematuhi protokoler kesehatan. “Kita akan masuk pada tahapan selanjutnya. Untuk itu, kepada ketiga Paslon yang sudah penuhi syarat di pilkada MBD 2020, tetap mempersiapan berbagai hal guna menjalankan semua tahapan yang ada. Semoga kita tetap sehat dalam menjalankan semua proses ini hingga selesai,” tandas Demy.

Sementara itu, Ketua KPUD SBT, Kisman Kelian, usai penetapan langsung menyerahkan langsung salinan berita acara penetapan kepada masing-masing pasangan Calkada.

Sementara untuk pengambilan nomor urut calon bupati dan wakil bupati, KPU SBT menjadwalkan akan berlangsung pada 24 September, hari ini, pukul 14.30 WIT. (LAM/BKA-2)

Comment