by

Estevano Minta Maaf ke Fans Belanda di Ambon

beritakotaambon.com – Perwakilan Asosiasi Sepak Bola Belanda KNVB, Estevano Van Aanhol meminta maaf kepada para fans KNVB di Kota Ambon, atas ketidakhadiran Irfan Bachdim di Kota Ambon lantaran mempunyai agenda penting di Kota Solo.

Sebelumnya, Timnas Negera Belanda dikabarkan akan kunjungi Ambon, namun dibatalkan. Sehingga mereka mengutus Irfan Bachdim dan Marc Klok yang merupakan pemain bola kelahiran Belanda yang ternama di Indonesia.

Dengan begitu, Estevano bersama pemain sepakbola berdarah Belanda Marc klok dan pemain bola berdarah Maluku, Ardi Idrus, menemui fans Orange di Kota Ambon, Sabtu (6/11).

Dalam konferensi persnya, Estevano yang menjadi pembicara pertama, mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Ambon yang begitu banyak menggemari pemain sepakbola Negeri Kincir Angin ini.

Baca juga: Canangkan Gerakan Cinta Zakat, Walikota Ambon Diapresiasi

“KNVB mau menyampaikan terima kasih untuk fans di Indonesia yang sewaktu Piala Eropa, lalu ada fans banyak di Indonesia, khususnya di Kota Ambon,” ungkap Estevano, di Caffe 27 Lapangan Merdeka Ambon.

Sementara, Marc klok, yang juga diberikan kesempatan mengaku, ternyata masyarakat Kota Ambon sangat mencintai sepak bola. Bahkan dirinya kagum, karena begitu banyak fans Belanda di Kota Ambon.

“Saya senang bisa datang ke Ambon, karena untuk pertama kali saya bisa datang ke Ambon. Tadi saya lihat suporter Belanda di Ambon sangat banyak sekali, Saya sangat senang,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir berharap, kegiatan ini menjadi agenda rutin. Sebab sangat berpengaruh terhadap sepak bola di Kota Ambon. “Ini penting untuk membangun animo sepak bola di Kota Ambon. Saya berharap ke depan ada lagi kegiatan seperti ini,” pintanya.

Anggota DPRD Kota Ambon dua periode ini juga menjelaskan, dalam kesempatan tersebut sudah memastikan dukungannya, dengan mendorong ada pembiayan atau anggaran untuk pengembangan potensi sepakbola Ambon.

Baca juga: Sosialisasi QR Barcode di Ambon, Sasar Perguruan Tinggi

Tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon, Richard Luhukay menambahkan, kerjasama dengan KNVB ini bisa lahirkan Ambon Selection, sebagaimana Garuda Selection tempo hari yang sudah pernah dijajaki KNVB di Indonesia.

“Kalau di Indonesia yang saya tahu Garuda Selection, maybe next time (mungkin di kesempatan berikutnya) ada Ambon Selection dan itu bertempat di Belanda,” tuturnya.

Luhukay menambahkan, anak-anak muda di Ambon sangat punya potensi. Sehingga lewat tim sepakbola Maluku FC maupun Jong Ambon, bisa menyeleksi para pemain yang punya potensi untuk disekolahkan. Sehingga ketika mereka kembali, bisa membuat lebih banyak tim sepakbola.

“Dan ini mungkin saya berharap dukungan dari DPRD untuk bisa support dan dorong, agar ada anggaran pembiayaan khusus buat anak-anak Ambon Selection,” harapnya. (IAN)

Comment