by

Fatek UKIM Siap Praktek Laboratorium Pakai Prokes

Ambon BKA- Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) siap untuk melaksakan praktek tatap muka dengan mahasiswa di laboratorium, pada semester genap nanti.

Dekan Fatek UKIM, J. Amahoru, mengungkapkan, praktek tatap muka di laboratorium itu dilakukan dengan menggunakan penerapan protokol kesehatan. Mulai dari pengaturan jarak hingga sterilisasi ruangan dan peralatan praktek.

Semua itu dilakukan dibawah pengawasan ketat dari Tim Satgas Covid-19 di lingkungan kampus, guna mencegah adanya penyebaran virus saat praktek tatap muka itu berlangsung. Baik di lingkungan praktek atau pun lingkungan kampus itu.

Kebijakan itu diambil pihak kampus, kata Amahoru, sebab sejak dilaksanakannya kuliah Daring karena pandemi Covid-19, mahasiswa tidak pernah lagi melakukan praktek di laboratorium.

Untuk itu, berbagai kesiapan yang berkaitan dengan prokes, menurutnya, perlu disiapkan dengan baik, guna menunjang proses praktek pada semester genap maupun semester antara agar berjalan lancar.

“Untuk semester ganjil ini, tidak ada praktek, karena memang tidak ada mata kuliah yang diharuskan untuk praktek. Kalau untuk semester genap, baru ada. Jadi untuk semester genap nanti, akan tetap kuliah online, hanya saja di 5 fakultas, ada yang praktek. Dan itu sudah diijinkan, dengan catatan tetap prokes, yakni, jumlah mahasiswa dalam ruangan praktek itu hanya 50 persen, agar di ruangannya pakai jarak. Masuk dalam ruangan, sudah ada Tim Covid di kampus yang selalu memantau mahasiswa yang masuk ke lab.
Jadi teknisnya sudah diatur gunakan prokes yang ketat. Itu yang akan kita lakukan nanti. Sebab boleh kuliah teori secara online, tapi praktek tidak bisa secara online. Harus praktek,” jelas Amahoru.

Menurutnya, prokes yang digunakan saat praktek laboratorium, bukan saja berlaku untuk fakultas yang dipimpimpinnya. Tapi juga berlaku bagi semua fakultas yang mengharuskan adanya praktek, sebagaimana intruksi pimpinan pada kampus orang basudara tersebut.

“Kita sangat berterima kasih, karena pak rektor sangat memperhatikan proses perkuliahan, khusus ditengah pandemi ini. Sepanjang itu untuk kepentingan mahasiswa, pasti akan dibantu. Untuk sekarang ini, pak rektor sementara proses untuk pembelian alat-alat baru. Itu semua demi kebaikan mahasiswa dalam proses praktek nanti. Kita sudah diijinkan lakukan praktek, tapi menggunakan prokes yang ketat. Dan Itu juga berlaku di fakultas yang lain. Jadi kalau ada fakultas yang diharuskan untuk praktek, itu semuanya masuk pengawasan Tim Covid Kampus,” pungkas Amahoru. (LAM)

Comment