by

Fatlolon Bangga Pakai Baju Adat Selaru

beritakotaambon.com – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, mengenakan baju adat Pulau Selaru, saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 RI yang digelar secara virtual dari Istana Negara, Selasa (17/8).

Upacara virtual itu juga diikuti juga oleh Ketua DPRD KKT, Jaflaun Batlayeri, yang juga memakai busana adat Desa Watmuri, Kecamatan Nirunmas.

Usai upacara, Bupati Petrus Fatlolon, mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Esa di HUT RI ke-76 ini.

Selain itu, dia bersyukur karena di masa pandemi Covid-19 ini, KKT merdeka dalam ketahanan pangan.

Baca Juga: Upacara HUT 76 RI, Ketua DPRD Baca Teks Proklamasi

Menurutnya, pangan di desa-desa dari ujung Molumaru hingga ujung Selaru, semuanya tercukupi. Masyarakat Tanimbar mengatasinya dengan tanaman pangan lokal.

“Luar biasa, Bumi Duan Lolat ini ditengah-tengah kondisi pandemi seperti saat ini, tidak ada masalah mengenai pangan,” ujarnya.

Terkait busana yang dipakai bersama istri, Ny. Joice Fatlolon, ungkapnya, kalau topi yang dikenakannya merupakan warisan leluhur di Pulau Selaru.

Baca Juga: Wawali : HUT RI Jadi Introspeksi

“Kita tahu bahwa Pulau Selaru, Yamdena, Larat hingga Pulau Fordata, punya kekhususan pakaian adatnya. Memang semua hampir mirip, tetapi ada kekhususan sendiri. Ini adalah kekayaan budaya kita,” terangnya.

Pakaian adat tersebut, lanjutnya, mencerminkan kearifan lokal budaya Tanimbar. Sehingga jangan sampai dilupakan oleh generasi muda.

“Untuk itu, pada momen HUT NKRI ini, saya memutuskan untuk menggunakan busana adat. Tujuannya, untuk terus melestarikan budaya yang telah diwariskan para leluhur Tanimbar,” pungkas Fatlolon.(BTA)

Comment