by

Feby: Tak Semua Ikan Dapat Dibudidayakan Dalam Ember

Ambon, BKA- Plt Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Feby Maail mengatakan, tidak semua ikan dapat dibudidayakan didalam ember. Pernyataan ini disampaikan, mengingat belum lama ini masyarakat diberikan bantuan sarana dan prasarana untuk membudidayakan ikan dalam ember (Budikdamber)

Menurut dia, ikan yang bisa hidup didalam ember yang berisi air, hanyalah ikan dengan oksigen rendah. Diantaranya ikan Lele, Patin, Gabus, dan Gurame. Meskipun terlihat sederhana dan tidak membutuhkan tempat yang luas, perlu ketekunan dalam mengerjakan budidaya ikan dalam ember. Sehingga hasil panen dapat berkualitas.
“Pengetahuan untuk Budikdamber bisa didapatkan lewat media sosial dan internet, tetapi warga penerima bantuan juga bisa berkonsultasi dengan Dinas Perikanan, agar benih ikan yang diberikan tetap hidup dan hasil panennya bagus. Maka itu tidak semua ikan dapat dibudidayakan dalam ember” ungkapnya ketika dikonfirmasi, Sabtu (13/2).

Diketahui, belum lama ini, Pemkot Ambon lewat Dinas Perikanan telah membantu masyarakat dengan memberikan sarana-prasarana untuk dapat membudidayakan ikan dalam ember. Bantuan tersebut diberikan ke warga Jemaat Sion kelurahan Batu Gajah, dengan total berjumlah 2.400 ekor Lele dan 40 ember, untuk dikelola oleh 10 orang.
“Masing-masing penerima bantuan mendapatkan 240 benih ikan dan empat buah ember,” terangnya.

Selain itu, bantuan budidaya ikan lewat dinas perikanan ini, juga turut diapresiasi Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon A. G. Latuheru. “Biasanya ikan dibudidaya di kolam atau empang. Tapi sekarang ini dengan adanya pengetahuan baru, budidaya ikan bisa dilakukan dengan menggunakan ember. Dan pak Sekkot sangat mendukung ini,” sebut Feby. (IAN)

Comment