by

Fraksi Nasdem Dorong PAW Latumahina

Ambon, BKA- Fraksi Nasdem DPRD Kota Ambon, telah mendorong proses Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap almarhum Christian Latumahina untuk digantikan dengan Tan Indra, selaku suara terbanyak kedua dari Dapil Sirimau I, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.
Ini disampaikan Sekretaris Fraksi Nasdem DPRD Kota Ambon, Morits Tamaela, saat dihubungi koran ini, Jumat (12/3).

Diakuinya, pernyataan ini sekaligus menjawab opini publik yang menduga bahwa ada upaya untuk memperhambat proses PAW terhadap almarhum Christian Latumahina yang telah meninggal dunia tanggal 9 Januari 2021 lalu.

“Tentunya kita sudah melaporkan ke DPP Nasdem melalui koordinasi dengan DPW Nasdem Maluku. Dan DPD Nasdem juga sudah melakukan koordinasi,” terangnya.

Dikatakan, ada mekanisme internal terkait proses pengusulan PAW disetiap partai politik. Dan saat ini DPD Nasdem Kota Ambon sementara disibukan dengan berbagai kesiapan dalam kerja-kerja organisasi. Namun seluruh proses pengusulan sudah dilakukan melalui DPW Nasdem Maluku.

“Sejauh ini, kami juga diperhadapkan dengan kerja kerja organisasi. Sehingga mungkin saja ada tendensi bahwa ada yang mau sengaja dipermainkan atau semacamnya, saya tegaskan tidak ada. Secara normatif aturan berdasarkan ketentuan yang ada urutan kedua suara terbanyak, itulah yang kita proses. Jadi tidak ada niat memperhambat proses dan sebagainya,” tandasnya.

Ketua DPD Nasdem Kota Ambon ini menambahkan, pihaknya saat ini menunggu koordinasi dari DPW Nasdem Maluku, terkait usulan dan proses-proses lanjutan yang telah disampaikan sebelumnya. Dan jika sudah ada petunjuk dari DPP lewat DPW, maka pihaknya siap memproses PAW tersebut.

Sehingga kekosongan satu kursi yang dimiliki Fraksi Nasdem saat ini bisa terisi kembali. Dan seluruh kerja-kerja DPRD lewat Alat Kelengkapan Dewan (AKD) tidak lagi terhambat.

“Semua ada mekanismenya. Intinya kita sudah berproses dan menunggu instruksi dari DPP lewat DPW. Dan kalau sudah, kita percepat. Sehingga seluruh kerja-kerja DPRD bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (UPE)

Comment