by

Gakum Satgas Covid-19 MBD Bagi-bagi Masker

Ambon, BKA- Penegak Hukum (Gakum) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Maluku Barat Daya (MBD) lakukan pembagian masker kepada masyarakat. Pembagian masker ini dilakukan melalui operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan covid-19.

Waka Polres MBD, Kompol Jani Parinussa mengatakan, kegiatan bagi-bagi masker itu dipusatkan di beberapa titik operasi. Diantaranya, Perempatan Patung Kerbau Desa Wakarleli dan Pasar Rakyat Tiakur Kecamatan Moa. Kemudian kawasan permukiman warga Dusun Pilam Desa Moain, kecamatan Moa, serta kawasan Asrama Polsek Serwaru, Kecamatan Letti dan kawasan masjid Tiakur Kecamatan Moa.

Lanjut Parinusa, jumlah masker yang dibagikan kepada masyarakat sebanyak 100 buah dan diprioritaskan kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.
” Saat ini kita masih mendapatkan masyarakat yang lalai dalam memenuhi protokol kesehatan. Karena itu selain melakukan tindakan disiplin. Gakum Satgas Covid-19 juga berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona. Dan salah satunya adalah pembagian masker kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain melakukan pembagian masker, kata dia, Gakum Satgas Covid-19 juga melakukan upaya pencegahan dengan penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas umum.

Ia menambahkan, dalam operasi Yustisi yang digelar secara gabungan bersama Personil Polres MBD, TNI, BPBD, Satpol PP dan Instansi terkait serta Polsek Jajaran, ini juga melakukan tindak disiplin kepada pelanggaran prokes.

“Dalam pelaksanaan operasi, kita tetap menjalankan tindak disiplin kepada pelanggar prokes. Sebanyak 24 orang kami berikan teguran lisan, karena belum memiliki catatan sebagai pelanggar prokes. Namun ada tiga orang yang kami berikan tindakan disiplin yakni kerja sosial. Karena kedapatan telah memilki catatan sebagai pelanggar prokes,” tandasnya.

Disebutkan, sebelum mengakhiri pelaksana operasi yustisi, Gakum Satgas Covid-19 MBD juga melakukan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, serta tetap memetuhi prokes. Yakni mencuci tanggan, memakai masker, menjaga Jarak, menghindari kerumunan massa dan mengurangi mobilitas. (GEM)

Comment