by

Galala Salurkan Bantuan ke Pelaku UKM

Pemerintah Desa (Pemdes) Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, kembali menyalurkan bantuan kepada warganya yang kesehariannya sebagai pelaku wirausaha (pelaku UKM). Hal ini dilakukan Pemdes Galala, guna meningkatkan ekonomi masyarakat di lingkungannya.

Bantuan yang disalurkan bagi warga, berupa barang yang bisa digunakan warga untuk melakukan usaha. Dimana melihat sebagian besar warga Desa Galala memiliki kemampuan untuk membuat berbagai jenis kue, serta makanan jadi.

Sehingga Pemdes Galala berupaya untuk mengembangkan bakat warga, dengan cara memberikan bantuan berupa peralatan, yang bisa digunakan warga untuk berwirausaha.

Sekretaris Desa Galala, Veby Rampala mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan salah-satu program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pemerintah Desa. Dengan tujuan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dirinya melihat, hampir sebagian besar warga Desa Galala memiliki kemampuan membuat aneka jajanan kue, serta makanan jadi, untuk di pasarkan. Hal inilah yang membuat Pemdes Galala berinisiatif memberikan bantuan bagi warga, berupa peralatan membuat usaha.

“Kita memberikan bantuan bagi warga, berupa peralatan usaha, agar bisa digunakan untuk membuka usaha. Dimana kita melihat warga Galala ini kan, mempunyai bakat untuk membuat aneka jajanan kue, serta makanan jadi untuk dipasarkan. Maka itu kita berikan bantuannya berupa barang. Karena kalau dikasi berupa uang, takutnya nanti tidak digunakan untuk membuka usaha,” tutur dia.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan itu, merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat dari Desa. Tujuannya untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi.

“Sudah ada beberapa warga yang menerima bantuan tersebut, dan sudah membuka usaha kue. Namun ada juga yang belum menerima bantuan, dikarenakan adanya pandemi covid-19. Dimana anggaran desa terfokus untuk penanganannya, sehingga menghentikan sementara program desa,” papar Beby, kepada koran ini, Sabtu (22/5).

Dia berharap, kedepannya masyarakat Desa Galala bisa lebih maju dari sebelumnya, bisa lebih baik kedepannya dalam setiap usaha yang dijalankan. Bahkan juga berharap, agar Covid-19 bisa segera berakhir, sehingga penyaluran bantuan bagi warga bisa kembali dilakukan.

“Dengan bantuan yang disalurkan, kedepannya saya harap masyarakat Desa Galala, bisa lebih maju lagi. Bisa lebih baik lagi perkembangan usahanya, dan hidup dengan sejahtera. Dan semoga Covid bisa segera berakhir, agar kita bisa melanjutkan pembagian bantuan bagi warga yang belum terima bantuan untuk membuka usaha,” tutupnya. (BKA-2)

Comment