by

GAMKI Maluku, Dukung Program Pangdam XVI Pattimua

Pengurus Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia, (GAMKI) Provinsi Maluku, mendukung penuh program yang digagas Pangdam XVI Pattimura,Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin. Komitmen GAMKI Maluku ini diungkap saat menggelar silaturahmi bersama Pangdam Pattimura di ruang kerjanya, Rabu, 19 Mei 2021.

Ketua Bidang Kebijakan Publik dan Otonomi Daerah DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku, Sostones Y Sisinaru mengatakan, dalam agenda silaturahmi dengan Pangdam tersebut, sempat bahas juga tentang beberapa program strategis Pangdam yang sementara di jalankan di Maluku. Program tersebut belum terlaksana dengan baik karena belum mendapat dukungan pemerintah di Maluku.
“Dalam agenda silaturahmi itu sempat di bahas dua program Pangdam XVI Pattimura yang sekarang ini lagi di jalankan, namun masi belum maksimal karena belum ada dukungan dan perhatian serius dari pihak pemerintah.” ujar Sisinaru

Sisinaru melanjutkan, dua program yang belum mendapat dukungan dari pemerintah tersebut yaitu mengenai upaya memprioritaskan anak asli daerah Maluku pada seleksi penerimaan anggota TNI dan Program ‘Kelasku’ yang di gagas Pangdam XVI Pattimura untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara. “program ‘Kelasku’ merupakan upaya Pangdam dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Maluku, sehingga Pangdam memprogramkan agenda ‘Kelasku’ yang diadakan di provinsi Maluku.

“ Program ‘ Kelasku’ sudah berkalan Maluku Utara dan sudah berhasil di jalankan, sementara di Maluku belum maksimal karena belum mendapat dukungan dari pihak pemerintah daerah,” jelasnya.
Dalam pertemuan itu lanjut dia, respon baik penyampaian Pangdam tentang program Pangdam XVI Pattimura, Ketua DPD GAMKI Maluku, Hapy Lelapary, yang didampingi Sekretaris, Maikel Siahaya, Ketua Bidang Pendidikan, Dr. Samuel Ritiauw itu mengatakan GAMKI Maluku sangat mendukung penuh program program Pangdam XVI Pattimura. GAMKI Maluku akan menghimbau kepada seluruh Pengurus DPC GAMKI di tingkat kabupaten/kota untuk mendukung program Pangdam XVI tersebut.

GAMKI juga mengajak Pangdam XVI Pattimura untuk berkerjasama dalam program-program DPD GAMKI Maluku salah satunya menanamkan nilai-nilai keindonesiaan kepada generasi muda Maluku dengan cara memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan di saat masa orentasi siswa, (MOS) bagi para pelajar.

“Saya berharap pemerintah Daerah baik kota/kabupaten dan Provinsi Maluku dapat membantu program Pangdam XVI Pattimura tentang ‘Kelasku’ dan Prioritas Anak Asli Maluku pada penerimaan anggota TNI serta putra-putri Maluku yang berprestasi mengharumkan nama Maluku.” Tutupnya.(SAD)

Comment