by

Gandeng Tokoh Agama, Cegah Penyakit Warga

Ambon, BKA- Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon menggandeng tokoh agama dalam memberantas penyakit masyarakat. Penyakit masyarakat yang dimaksud seperti seks bebas, narkoba dan penyakit menular seks. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menciptakan warga sejahtera yang sehat.

“Kalau soal perilaku dan tata krama warga kami selalu berkordinasi dan percaya bahwa tokoh agama bisa mengarahkan warga lewat ibadah dan kegiatan agamawi. Gereja tentu saja wadah paling efisien dalam mendidik akhlak terutama pemuda-pemudi di kelurahan ini. Tidak bisa dihindari masalah masyarakat seperti penyimpangan seks dan narkoba, tapi kita bisa menekan pertumbuhan hal itu ditengah masyarakat,”pungkas Hellen Ritiauw lurah Mangga Dua.

Ritiauw mengakui tidak ada data pasti penyakit seks dikelurahan, karena hal seperti itu masih dianggap tabuh. Kedepannya pihak kelurahan berencana mengadakan sosialisasi bagi usia remaja tentang seks bebas dan narkoba. Tentu saja sosialisasi ini melibatkan tokoh agama dan pihak puskesmas setempat.

“Mengenai jumlah data warga yang terkena penyakit seks memang tidak ada, karena hal seperti ini masih dianggap tabuh oleh sebagian warga. Namun memang sudah ada perencanaan sosialisasi masalah seperti ini. Kami berencana selesai pandemi akan melakukan sosialisasi kepada usia remaja tentang bahaya seks bebas dan narkoba. Tentu saja kami akan melibatkan tokoh agama dan pihak puskesmas setempat,”tutupnya. (MG-1)

Comment