by

Ganti Rugi Tugu Trikora Rp100 Juta Lebih

Ganti rugi kerusakan Tugu Trikora yang ditabrak oknum ASN di kota Ambon beberapa waktu lalu, memakan biaya sebesar Rp 100 juta lebih. Proses perbaikan Tugu Trikora nantinya akan diawasi langsung oleh dinas PUPR Kota Ambon hingga selesai.

“Kita dari dinas yang akan awasi perbaikan Tugu Trikora,” ungkap, Kepala Dina Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Melianus Latuihamallo, kepada wartawan, Selasa (13/7).

Sementara mobil pelaku, lanjut dia, ditahan di Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Leasae sebagai jaminan. Dan tidak bisa dikembalikan jika belum menyelesaikan perbaikan Tugu Trikora.

“Mobilnya kan sementara ditahan di Polres. Itu akan menjadi jaminan buat kita. Pelaku tidak bisa ambil mobilnya kalau belum kerjakan kerusakan Tugu Trikora,” terang dia.

Dikatakan, pihaknya juga sudah memberikan rincian ganti rugi atas kerusakan Tugu Trikora kepada pelaku. Dan untuk uang perbaikan kerusakan itu tidak diberikan ke Dinas PUPR Kota Ambon, melainkan dipegang sendiri oleh pelaku.

“Uangnya dia (pelaku) tahan sendiri. Kami tidak ambil uangnya. Nanti uang itu dia sendiri pegang untuk perbaikan kerusakan Tugu Trikora,” bebernya.

Menurut Melianus, hal tersebut juga telah diketahui Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler. “Jadi tidak ada toleransi, harus perbaiki,” pungkasnya. (IAN)

Comment