by

Gogorea Juara Lomba Budaya di Waeapo

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Gogorea, Kecamatan Waeapo menjuarai lomba budaya tingkat Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, pada ajang perlombaan 17 Agustus 2020 lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Gogorea, Rusly Belen, mengungkapkan, kemenangan tersebut merupakan bukti keberhasilan pemberdayaan potensi pemuda.

“Alhamdulillah, kita dapat juara satu dalam lomba budaya, mengalahkan desa-desa yang ada di Kecamatan Waeapo. Jadi ada cerita adat yang saya bawah kesitu. Alhamdulillah, juara satu lomba budaya,” kata Rusly, kepada Beritakota Ambon, Minggu (3/1).

Dia mengungkapkan, potensi pemuda di Desa Gogorea, sangat terbatas. Karena memang jumlah mereka sangat sedikit. Namun sejak ditunjuk sebagai penjabat kepala desa, dia langsung melakukan berbagai pendekatan dengan pemuda.

Dengan kedekatan tersebut, Rusly mengikutsertakan mereka pada ajang lomba 17 Agustus-an di Kecamatan Waeapo. Padahal sebelumnya, Desa Gogorea tidak pernah mengikuti ajang tersebut.

Ada tujuh lomba yang di perlombakan pada 17 Agustus 2020 lalu. Semuanya diikuti oleh pemuda Desa Gogorea. Misalnya lomba gerak jalan maupun senam, dan sebagainya.

“Terobosan pertama itu, mulai dari ajang 17 Agustus, yang dulu-dulunya tidak pernah ikut. Saya berdayakan beberapa orang pemuda saja, yang ada di Desa Gogorea. Ada tujuh mata lomba. Alhamdulillah,
saya ikutkan semua,” ungkapnya.

Karena jumlah pemuda sangat terbatas, terangnya, maka peserta lomba dari Desa Gogoroa hanya berputar pada beberpa pemuda saja. Mereka yang mengikuti lomba gerak jalan, juga mengikuti lomba senam, maupun lomba lainnya.

Walau jumlah mereka terbatas, kata Rusly, mereka mampu bersaing dengan pemuda desa lainnya di Kecamatan Waeapo. “Alhamdulillah, semua bisa ikut dan kami bisa memperoleh juara. Bahkan kami bawah pulang lima piala. Lima piala itu perdana loh,” pungkasnya. (MSR)

Comment